10 Cara cegah uban muncul lebih dini

Usia belum pantas beruban, tapi kok sudah muncul? Jangan biarkan rasa percaya diri menurun karenanya.

10 Cara Mencegah Uban Muncul Dini

Masalah uban ternyata tak sepele lho. Bila muncul lebih dini padahal usia belum bisa dibilang pantas beruban, kadang rasa percaya diri pun terpengaruh. Apalagi bila aktivitas sehari-hari menuntut penampilan yang selalu nampak segar, muda, dan energik.
Tak ada salahnya kita mencari solusi pencegahannya atau cara mengurangi uban yang telanjur tumbuh, bukan?

Pertama, kita pahami dulu apa yang membuat uban muncul. Uban muncul karena semakin bertambah usia, maka sel folikel rambut yang disebut melanosit mulai berkurang dan lama-lama berhenti memproduksi pigmen yang disebut melanin, yang membuat rambut menjadi berwarna gelap. Folikel yang kehilangan pigmen lama-lama akan semakin berkurang dan berhenti memproduksi sehingga rambut benar-benar tumbuh berwarna putih. Nah, bila ini terjadi, maka Anda perlu melakukan tindakan pencegahan agar hal ini tidak meluas. Berikut adalah hal-hal yang mesti dilakukan :

Berhenti merokok.
Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban.
Orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok. Oleh sebab itu stop merokok sekarang juga.

Konsumsi makanan mengandung Vitamin B12 dan Omega-3.
Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, pisang, ikan, daging sapi, domba dan unggas.
Sebaiknya juga memperbanyak kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari, dan mede.

Tingkatkan sirkulasi darah.
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut.
Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

Teh dan Garam.
Seminggu sekali coba resep ini: buat secangkir teh yang pekat, lalu biarkan mengendap. Tambahkan satu sendok teh garam. Diamkan seharian. Ketika sudah basi, usapkan secara mrata ke rambut sambil memijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.

Hindari makanan yang menurunkan produktivitas melanin.
Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya uban, seperti minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih.
Perhatikan juga jumlah makan makanan yang berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

Tidur cukup.
Tidur merupakan waktu terbaik untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh. Pergunakan saat tidur untuk relaksasi total agar stres pun bisa mereda. Tidur yang cukup juga bisa membuat Anda lebih segar di pagi harinya, dan lebih awet muda.

Stop mencabut uban.

10 Cara cegah uban muncul lebih dini

10 Cara cegah uban muncul lebih dini (Ilustrasi)

Gemas melihat uban, dan tak tahan untuk tidak mencabutnya? Jangan! Akar rambut memiliki banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut justru akan terganggu. Tidak dipaksakan untuk mencabut uban.

Rajin menggunakan serum.
Buat Anda yang sering menggunakan hairdryer, catok, maupun pengikal rambut, tambahkan serum dalam rutinitas menata rambut. Pilih serum yang mengandung argan oil. Selain bekerja melindungi kulit dari panas alat penata rambut, juga memberi nutrisi yang tepat untuk melembapkan rambut. Rambut yang senantiasa lembap akan berdampak baik bagi produksi melanin.  (Yahoo! Celebrity)

Mengonsumsi Melia Biyang minimal 6 bulan berturut-turut.

Salah satu manfaat melia biyang ialah mengurangi uban dan menumbuhkan rambut.

Salah satu Manfaat Melia Biyang bila disemprot di bagian luar tubuh manusia:  Menumbuhkan rambut dan mengurangi uban, semprot melia biyang secara rutin di kulit kepala anda, maka akan mengurangi uban anda dan akan menumbuhkan rambut baru yang hitam dan tebal.

Demikianlah 10 Cara cegah uban muncul lebih dini, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- aktipitas apa yang harus dihindari untuk mencegah uban - benarkah air teh basi bisa menghilangkan uban? - benarkahakanan pedas uban - cra cgah timbul uban - kepala di gunduli karena beruban di usia muda - teh basi uban tidak tumbuh lagi


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: Uban

Share informasi tentang 10 Cara cegah uban muncul lebih dini ini bila bermanfaat.

No related post!

Leave a reply "10 Cara cegah uban muncul lebih dini"