14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan

5/5 (1)

14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan – Sistem pernapasan manusia adalah rangkaian jalur oksigen masuk dan rangkaian jalur karbon dioksida keluar, bagaimana bila salah satu dari bagian sistem pernapasan manusia terganggu? Yang ada, kita mengalami kesulitan dalam bernapas. Banyak sekali gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan manusia, ada faktor keturunan atau pun non keturunan. Untuk faktor non keturunan diantaranya, virus, bakteri, jamur, keracunan gas, merokok, dan lain-lain. Gangguan pada sistem pernapasan manusia pun beragam tingkatannya ada yang ringan hingga berat bahkan bisa menyebabkan kematian. Kali ini kita akan mengenal dan menyimak berbagai penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia.

14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan

Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan

Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan (Ilustrasi)

1. Influenza

Influenza adalah salah satu penyakit yang biasa terjadi pada salah satu bagian sistem pernapasan manusia, terutama hidung yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala penyakit ini adalah pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, bahkan juga demam. Untuk penanganan penyakit ini tidak begitu spesifik namun ada penelitian menyatakan bahwa makan sup bisa mengurangi gejala penyakit ini, namun sebenarnya dengan istirahat yang cukup penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Propolis dan Jus Segar untuk mengobati Influenza

2. Sinusitis

Sinusitis adalah gejala penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada dinding sinus. Sinus memiliki fungsi untuk mengendalikan dan menstabilkan suhu udara yang masuk ke dalam hidung menuju paru-paru. Sebenarnya gejala penyakit ini hampir sama dengan gejala influenza, namun sifat penyakitnya yang berbeda.

3. TBC (Tuberkulosis)

TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit pada paru-paru karena bakteri Mycrobacterium tubercolosis, difusi oksigen akan terganggu karena peradangan pada dinding alveolus. Sel-sel yang terdapat dalam paru-paru bisa mengecil dan mati, maka dari itu para penderita TBC selalu mengalami batuk yang sangat dahsyat dan tak kunjung sembuh dan juga nafas yang terengah-engah. Penyakit ini bisa menular dan juga menyebabkan kematian.

4. Asfiksi

Asfiksi adalah gangguan pernapasan yang menyebabkan proses pengangkutan oksigen, sehingga oksigen yang terserap hanya 60%, penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh paru-paru yang terisi air (karena tenggelam), keracunan CO (karbon monoksida), keracunan HCN (asam sianida), dan merokok. Untuk mecegah gejala penyakit ini sebaiknya gunakanlah masker ketika berada di kawasan industri.

5. Asidosis

Asidosis adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena naiknya kadar asam bikarbonat dalam darah yang menyebabkan darah kesulitan mengangkut oksigen sehingga pernapasan terganggu

6. Difteri

Difteri adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena adanya penyumbatan pada rongga faring atau pun laring oleh lendir yang berlebih yang dihasilkan oleh bakteri Cotynebacterium diptherial. Gejala penyakit ini diantaranya, sesak nafas dan batuk berdahak yang begitu hebat dan tak kunjung sembuh.

7. Pneumonia

Pneumonia adalah gangguan pernapasan karena peradangan pada paru-paru terutama pada alveolus yang disebabkan oleh virus, bakteri, mikroorganisme lainnya namun penyebab umum penyakit ini adalah Streptococus pneumoniae. Penyakit ini pun menular dan dapat menyebabkan kematian.

8. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyakit pada pernapasan yang mempengaruhi pertukaran gas pada alveolus dan dapat menjalar ke seluruh tubuh. 75% penderita kanker paru-paru adalah perokok, baik itu perokok aktif maupun itu perokok pasif. Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia.

9. Emfisema

Emfisema adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena pembengkakan paru-paru karena jumlah udara di pembuluh udara yang berlebihan.

10. Kanker pita suara

Kanker pita suara adalah penyakit pada pernapasan yang menyerang selaput pita suara, penyakit ini bisa menyebabkan kehilangan suara, dan juga kematian. Salah satu cara mengatasi penyakit ini adalah dengan pengangkatan pita suara. Penyakit ini dsebabkan karena merokok, baik itu perokok aktif atau pun pasif.

11. Kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah penyakit pernapasan yang menyerang tenggorokan, terutama bagian faring, laring, dan juga bronkus. Kanker ini bisa menjalar ke seluruh bagian sistem pernapasan.

12. Faringitis

Faringitis adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena peradangan pada faring. Faring adalah lanjutan dari saluran hidung yang akan meneruskan udara ke laring (tenggorokan bagian atas).

13. Laringitis

Laringitis adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena peradangan pada laring. Laring adalah bagian paling atas tenggorokan.

14. Bronkitis

Bronkitis adalah gangguan pernapasan yang terjadi karena peradangan pada bronkus. Penyakit ini disebabkan oleh suhu udara yang dingin juga lembab, maka dari itu orang yang sering begadang atau tidur tengah malam memiliki risiko terjangkit penyakit ini.

Demikianlah artikel mengenai 14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: Penyakit pernafasan

Share informasi tentang 14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan ini bila bermanfaat.

Author: 
    Kontributor Meliaindo.com
    No related post!

    Leave a reply "14 Jenis Penyakit Yang Biasa Menyerang Sistem Pernafasan"