4 Cara Redakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Sakit gigi bisa sangat bervariasi, dari nyeri ringan sampai nyeri berdenyut yang tak tertahankan baik di gigi atau pun sekitar rahang. Beberapa penyebab utama sakit gigi ialah gigi berlubang, infeksi, gigi retak, gusi meradang, atau gangguan rahang.

Cara meredakan sakit gigi dengan bahan alami

Cara meredakan sakit gigi dengan bahan alami (Ilustrasi/youtube)

Sakit gigi terjadi ketika wilayah tengah gigi, yang dikenal dengan pulp, meradang dan kemudian mulai berlubang. Pulp terdiri dari beberapa ujung saraf yang sangat sensitif. Pulp dapat mengalami iritasi atau meradang karena berbagai alasan diantaranya seperti jarang gosok gigi, sering mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar asam tinggi, mengonsumsi makanan dan minuman panas dan dingin secara bersamaan atau karena alasan lainnya.

Jika anda mengalami sakit gigi, yang terbaik untuk dilakukan ialah meminta saran dokter gigi sebelum masalah gigi itu semakin memburuk. Selain itu, anda juga dapat mencoba 4 cara untuk meredakan rasa sakit gigi seperti berikut ini.

1. Lada Dan Garam

Garam yang dicampur dengan lada dapat sangat bermanfaat ketika gigi menjadi sangat sensitif. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik.
Pastikan takaran antara lada dan garam sama. Kemudian larutkan ke dalam beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta langsung pada gigi yang terasa sakit dan bila memungkinkan lakukan dengan duduk selama beberapa menit. Lakukan setiap hari selama satu minggu atau hingga rasa sakit itu hilang.

2. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih juga dapat memberikan kontribusi yang besar agar sakit gigi bisa cepat sembuh. Bawang putih sama halnya dengan garam dan lada yang memiliki sifat antibiotik dan lainnya yang dapat sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit.
Caranya campurkan bawang putih yang telah dihaluskan/ bawang putih bubuk dengan sedikit garam dan oleskan ke gigi yang terasa sakit. Jika anda memang doyan, bisa saja dengan langsung mengunyah satu atau dua siung bawang putih. Ulangi proses ini selama beberapa hari. Mudah – mudahan sakit giginya bisa langsung hilang.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki zat anti-inflamasi, antioksidan, dan sifat anestesi yang membantu mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi.
Caranya dengan menghaluskan setangkai cengkeh dan campurkan dengan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada gigi yang sakit. Selain cara tersebut, anda bisa juga langsung mengoleskan minyak cengkeh ke kapas, lalu gosokkan pada gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air putih dan kemudian digunakan untuk berkumur selama 1 – 2 menit. Lakukan hal ini beberapa hari hingga rasa sakitnya berkurang.

4. Daun Jambu Biji

Ternyata daun jambu biji tidak hanya digunakan sebagai obat diare saja. Daun jambu biji pun bisa dijadikan obat sakit gigi. Hal ini dikarenakan daun jambu biji mengandung senyawa seperti anti-inflamasi, analgesik, dan juga antimikroba.
Caranya, cukup dengan mengunyah satu atau dua lembar daun jambu biji atau dengan menghaluskannya dan mengoleskan pada gigi yang sakit. Selain itu, bisa juga dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji. Kemudian tambahkan garam sedikit dan gunakan untuk berkumur selama 1 – 3 menit.

Demikian beberapa tumbuhan atau bahan di sekitar kita yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Meskipun demikian, alangkah lebih baik bila anda mengecek kesehatan gigi secara berkala ke dokter gigi. Salam sehat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: meredakan sakit gigi

Share informasi tentang 4 Cara Redakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami ini bila bermanfaat.

No related post!

Leave a reply "4 Cara Redakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami"