4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung

Sebelum jantung tiba-tiba berhenti berdetak, ayo jaga kesehatannya dengan melakukan olahraga yang khusus untuk melatih kekuatan jantung dan paru.

Jantung merupakan organ yang sangat vital peranannya untuk aktifitas kehidupan kita, peranan jantung adalah sebagai alat untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh kita.

Tidak bisa dibayangkan apabila jantung seseorang sewaktu-waktu berhenti berdetak. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan jantung, salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Lantas latihan seperti apa yang baik untuk melatih otot jantung?

4 latihan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Circuit Training

Program latihan sirkuit merupakan latihan yang mengkombinasikan antara latihan kekuatan dan latihan kardiovaskular. Umumnya dilakukan dalam jumlah repetisi yang tinggi dengan jeda istirahat singkat tiap set.

Penelitian membuktikan bahwa 4-8 minggu (2-3 kali latihan perminggu dengan durasi 10-15 menit) latihan sirkuit training dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sebesar 4-8 persen. Kapasitas paru-paru yang tinggi biasa digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran seseorang.

Manfaat Circuit Training

  1. Melatih kekuatan otot jantung dan meningkatkan kinerja paru-paru
  2. Melatih semua bagian tubuh
  3. Tidak memerlukan peralatan yang rumit dan mahal
  4. Bisa dilakukan di mana saja (tidak harus di gym)
  5. Durasi latihan singkat (10-15 menit)

Endurance Training

Latihan ketahanan atau endurance training merupakan latihan untuk peningkatan stamina dan ketahanan tubuh.

Endurance training dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Endurance training dapat menambah jumlah sel darah merah, menurunkan kekentalan darah dan meningkatkan kemampuan jantung. Aliran darah akan meningkat saat melakukan endurance training, sehingga penyaluran oksigen menjadi sempurna.

Seseorang yang terbiasa melakukan endurance training memiliki sirkulasi darah yang lebih baik. Selain itu, mereka yang melakukan latihan ini akan mendapatkan peningkatan daya pompa jantung sehingga aliran oksigen dan darah menjadi lebih baik.

Contoh olahraga yang termasuk dalam endurance training adalah marathon,triathlon, atau bersepeda puluhan kilometer. Yang perlu diperhatikan dalam latihan ini adalah, Anda harus melatihnya secara bertahap agar mencapai puncak performa yang memadai untuk latihan dalam durasi lama.

Jika Anda merasa memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan endurance training.

Manfaat Endurance Training

  1. Melatih kekuatan otot jantung dan meningkatkan kinerja paru-paru
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh
  4. Meningkatkan kebugaran tubuh sehingga tidak mudah sakit
4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung

4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung (Ilustrasi/Thinkstockphotos)

Powerlifting

Powerlifting atau disebut juga latihan beban termasuk jenis latihan anaerobik yang menekankan pada kekuatan otot dan tenaga yang eksplosif. Saat mengangkat beban, tekanan darah akan meningkat untuk memompa darah ke tiap bagian otot.
Powerlifting meningkatkan kapasitas paru-paru lebih kecil dibandingkan dengan jenis program latihan lainnya. Powerlifting membutuhkan latihan yang intens untuk peningkatan power dan kekuatan otot secara bertahap selain itu dibutuhkan nutrisi untuk menunjang meningkatnya perkembangan otot.

Powerlifting telah diadaptasikan menjadi bermacam-macam cabang olahraga seperti binaraga, angkat besi, dan sebagainya. Kini latihan ini tidak hanya dilakukan para binaraga dan atlet olahraga olah tubuh, tetapi sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat modern saat ini karena semua orang bisa mencoba latihan ini.

Manfaat Powerlifting

  1. Meningkatkan pertumbuhan otot
  2. Meningkatkan kepadatan tulang
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Dapat diadaptasikan dengan olahraga aerobik seperti pada sirkuit training
  5. Memaksimalkan pembakaran lemak

Moderate Exercise

Termasuk jenis latihan aerobik yang dikenal sebagai latihan dengan intensitas menengah. Latihan dikatakan moderat jika memicu detak jantung antara 121-140 bpm (bit per menit). Meski berlangsung dalam intensitas sedang, namun latihan ini dapat menguatkan otot jantung dan melancarkan peredaran darah.

Jantung yang kuat mampu memompa darah secara sempurna tanpa usaha yang berlebihan. Selain itu, latihan ini dapat mengurangi ketegangan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi stabil.

Manfaat Latihan Moderate

  1. Terjadi peningkatan ukuran mitokondria. Mitokondria ibarat ‘dapur energi’ yang tugasnya menghasilkan energi dari hasil pembakaran sumber energi oleh oksigen
  2. Merangsang pembentukan sel darah merah baru
  3. Mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik
  4. Tidak perlu menggunakan peralatan khusus
  5. Bisa dilakukan di mana saja

Ingin jantung sehat dan tubuh yang kuat? silakan pilih latihan Anda. (DuniaFitness.com)

Demikianlah artikel mengenai 4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cabang olahraga yang baik untuk kesehatan daya tahan jantung - manfaat jantung-paru yang baik bagi binaraga - jenis olahraga yg mrmbutuhkan daya tahan jantung dan paru paru adaalh - jenis olahraga yang membutuhkan daya tahan jantung dan paru paru - jenis olahraga yang membutuhkan daya tahan jantung - endurance paru dan jantung meningkat saat olah raga - cabang olahraga yang palng baik untuk kesehatan jantung - cabang olahraga yang baik untuk jantung - cabang olahraga untuk daya tahan paru paru - cabang olah raga melatih jatung dan paru adalah


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: olah raga untuk kesehatan jantung olahraga untuk penyakit jantung olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Share informasi tentang 4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Leave a reply "4 Olahraga untuk menjaga kesehatan jantung"