5 Penyebab Kerontokan Rambut dan Perawatan Untuk Mengatasinya

5 Penyebab Kerontokan Rambut dan Perawatan Untuk Mengatasinya

Penyebab dan perawatan rambut rontok

Penyebab dan perawatan rambut rontok (Ilustrasi/wikipedia)

Jika bicara mengenai masalah kesehatan rambut, jelas anda akan tidak asing lagi dengan masalah kesehatan rambut yang banyak dikenal dengan kerontokan. Jika didefinisikan berdasarkan bidang kesehatan, kerontokan rambut dijelaskan sebagai masalah kesehatan rambut yang ditandai dengan terjadinya kehilangan rambut/ kerontokan lebih dari 100 helai pada masa telogen. Sedikit menjelaskan mengenai masa telogen, masa telogen ini adalah fase normal istirahat rambut manusia. Jika dijelaskan lebih spesifik, rambut manusia mengalami fase anafase atau masa tumbuh selama 3 hingga 4 tahun. Setelah melewati masa anafase inilah, rambut akan memasuki fase telogen, dimana rambut akan mengalami keguguran/ kerontokan dan kemudian akan digantikan dengan rambut baru.

Pada keadaan normal, rambut manusia yang tengah memasuki masa telogen akan mengalami keguguran rambut/ kerontokan berkisar 100 helai rambut. Seperti yang telah dijelaskan dalam definisi kerontokan rambut sebelumnya, rambut yang mengalami keguguran/ kerontokan lebih dari kisaran jumlah 100 helai ini dapat dikategorikan tengah mengalami kerontokan.

Jika anda bertanya mengenai penyebab masalah rambut yang satu ini, maka ada cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah rambut yang satu ini, diantaranya adalah:

Penyebab Rambut rontok

  • Faktor genetis/ turunan
  • Perawatan kesehatan dan penggunaan obat
    Dalam beberapa kasus, beberapa orang mengalami kerontokan sebagai efek samping dari perawatan kesehatan dan juga penggunaan obat-obatan. Untuk kerontokan akibat dari perawatan kesehatan, anda dapat mengambil contoh kasus perawatan kemoterapi yang merupakan perawatan untuk pasien pengidap kanker ( biasanya menyebabkan kerontokan rambut lebih dari 90%). Sedangkan untuk penggunaan obat-obatan, beberapa obat-obatan seperti antidepresan, antikoagulan, obat tekanan darah dan beberapa jenis obat lain dapat memberikan efek samping berupa kerontokan rambut pada penggunannya.
  • Hormon
    Faktor yang satu ini lebih banyak terkait dengan wanita, dimana kerontokan rambut pada wanita dapat diakibatkan perubahan jumlah hormon di dalam tubuh. Sebagai contoh kasus, banyak wanita mengalami kerontokan pasca melahirkan dan ada juga yang mengalaminya pada saat memasuki fase menopause.
  • Penyakit
    Beberapa penyakit memberikan symptom/ gejala berupa kerontokan rambut, salah satu yang cukup terkenal adalah Alopesia. Selain Alopesia, juga ada beberapa penyakit lain yang juga menyebabkan kerontokan rambut seperti ketombe, dermatis dan eksim.
  • Pola makan yang salah
    Mungkin sebagian dari anda masih binggung “bagaimana bisa pola makan mempengaruhi kerontokan rambut?”. Hal tersebut telah dibuktikan oleh seorang konsultan Trichologist bernama Philip Kingsley yang mengutarakan kurangnya asupan protein dapat mempengaruhi pertumbuhan keratin rambut yang merupakan zat yang memperkuat rambut, sehingga memungkinkan rambut akan berhenti tumbuh dan rontok.

Untuk anda yang mungkin saat ini tengah mengalami masalah rambut yang berpotensi menyebabkan kebotakan ini, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami yang dapat anda gunakan:

Tips untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami

  • Jahe
Jahe untuk mengatasi kerontokan rambut

Jahe untuk mengatasi kerontokan rambut (Ilustrasi/pixabay)

Anda pastinya mengenal tanaman rempah yang bernama latin Zingiber officinale ini, tanaman ini merupakan tanaman yang sudah cukup banyak dikenal khasiatnya dalam dunia pengobatan, salah satunya adalah dalam treatment/ perawatan rambut rontok. Untuk treatment rambut rontok, anda dapat menghaluskan jahe/ memblendernya hingga menjadi jus dan kemudian oleskan pada area rambut yang mengalami kerontokan. Lakukan hal ini sebelum tidur dan kemudian bilas keesokan harinya.

  • Bawang Putih
Bawang putih untuk mengobati kerontokan rambut

Bawang putih untuk mengobati kerontokan rambut (Ilustrasi/Pixabay)

Bawang putih yang kebanyakan dikenal sebagai bumbu dapur ini mengandung Allicin yang sangat baik untuk kesuburan rambut. Dalam aplikasinya dalam treatment rambut rontok, anda dapat menerapkan cara yang sama dengan perawatan rambut rontok menggunakan jahe. Hal yang perlu anda lakukan adalah memblender bawang putih hingga menjadi seperti jus kemudian balurkan/ oleskan pada area rambut yang mengalami kerontokan.

  • Melia Biyang

Untuk kasus kerontokan rambut, Anda bisa mengonsumsi melia biyang minimal 6 bulan berturut-turut untuk treatment rambut rontok.

Demikianlah artikel mengenai 5 Penyebab Kerontokan Rambut dan Perawatan Untuk Mengatasinya, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: penyebab rambut rontok perawatan rambut rontok

Share informasi tentang 5 Penyebab Kerontokan Rambut dan Perawatan Untuk Mengatasinya ini bila bermanfaat.

Author: 
    No related post!

    Leave a reply "5 Penyebab Kerontokan Rambut dan Perawatan Untuk Mengatasinya"