5 Sayuran Untuk Mengobati Asam Urat

5 Sayuran Untuk Mengobati Asam Urat – Seseorang dikatakan mengalami gangguan asam urat ( gout ) jika kadar asam urat dalam darahnya melebihi batas normal (> 7mg % ). Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan di sendi-sendi lutut dan jari-jari dengan disertai rasa nyeri. Keadaan ini terjadi karena bertumpuknya kristal-kristal garam urat yang merupakan hasil metabolisme bahan pangan yang mengandung zat purin.

Zat purin banyak mengandung bahan pangan hewani, seperti daging merah (terutama pada kaldu rebusannya), Jeroan ( otak, paru, usus, jantung, hati, ampela), ikan laut, udang, kerang, dan lain-lain. Bahan pangan nabati seperti kacang-kacangan, emping, kangkung, dan bayam juga mengandung purin dalam jumlah yang relatif kecil. Jadi, bahan pangan nabati masih boleh dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

5 Sayuran Untuk Mengobati Asam Urat

Berikut nama-nama sayuran yang dapat mencegah dan mengobati penyakit asam urat :

sayuaran untuk mengobati asam urat

sayuaran untuk mengobati asam urat (Ilustrasi)

Labu Kuning

Labu kuning adalah sayuran yang umumnya berwarna kuning kecokelat-cokelatan. Sayuran ini kerap kali di jadikan simbol perayaan helloween oleh orang-orang barat. Labu kuning memiliki ukuran yang cukup besar dan berbentuk bulat. Daging buahnya berwarna kuning tua dan tebal. Sayuran ini dapat direbus dan setelah itu bisa di makan karena rasanya yang manis.

Labu kuning memiliki kandungan provitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu terdapat juga mineral besi kalsium, potasium, kalium, natrium, fosfor dan juga serat. Dengan kandungan zat gizi dan fitonutrien yang banyak, labu kuning mempunyai banyak manfaat yang berkhasiat untuk membantu menyembuhkan asam urat. Selain itu labu kuning juga berkhasiat untuk mengobati radang, ginjal, demam, sakit telinga, diare, luka bakar, dan lain-lain.

Sawi Hijau

Sawi adalah sayuran yang mempunyai beragam jenis. Salah satu diantaranya adalah sawi hijau. Sawi hijau mempunyai bentuk batang yang pendek dan tegap. Daunnya lebar dan berwarna keputih-putihan. Bentuk daunnya menyirip dangkal dan bertangkai pipih.

Sawi hijau memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu juga terdapat mineral kalsium, kalium, zat besi, fosfor, asam dan serat. Sawi hijau mempunyai banyak manfaat yang berkhasiat untuk mengobati asam urat, memperlancar saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan juga sebagai anti kanker.

Sawi Putih

Hampir sama dengan sawi hijau namun sawi putih di beberapa daerah dikenal dengan nama sawi tanah, sawi lemah, sawi taneuh, atau juga maru-maru. Bentuk tanaman ini hampir sama dengan sawi hijau, hanya saja susunan daunnya lebih rapat dan pelepah daunnya berwarna putih.

Sayuran ini mempunyai kandungan gizi dan fitonutrien yang banyak seperti provitamin A, vitamin B, vitamin C, rerifone, rorifamade, dan serat. Manfaat dari pada sayuran sawi hijau ini untuk mengobati asam urat, influenza, reumatik, bisul, luka memar, gangguan pada saluran kencing dan juga gangguan pencernaan.

Serai

Serai adalah sejenis rumput yang tumbuh berumpun dan membentuk gerombolan yang besar. Sayuran serai ini memiliki daun yang berwarna hijau. Daun ini merupakan daun tunggal dengan bangun garis yang berjumbai, tepi daun kasar dan tajam, tulang daun sejajar, serta permukaan atas dan bawahnya berambut. Bila diremas mengandung bau yang khas. Daun tersebut membungkus batang yang berwarna putih.

Daun serai mempunyai kandungan minyak atsiri, komponen-komponen geraniol, methylpheptenone, eugonol, kardinol, danlimonen. Sedangkan khasiat daun serai ini untuk mengobati asam urat, sakit kepala, memperlancar menstruasi, mengobati luka memar, dan bengkak.

Tomat

Tomat adalah sayuran yang kerap kali juga bisa dibuat sebagai jus. Tomat sering di hidangkan bersama sambal dan juga pelengkap lauk pauk. Buah tomat memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari yang bulat, lonjong, dan pipih. Warna kulit buahnya juga beragam, dari yang warna kuning, oranye sampai merah. Daging tomat ini memiliki begitu banyak kandungan air. Jenis buah tomat yang dikenal luas adalah tomat apel, tomat biasa, tomat kentang, tomat keriting, dan tomat cerry yang ukurannya sangat kecil

Tomat mempunyai banyak kandungan zat gizi dan fitonutrien seperti provitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, Asam sitrat. Selain itu ada mineral kalsium, zat besi, belerang, potassium, fosfor, dan lain-lain. Tomat memiliki banyak khasiat diantaranya dapat mengobati asam urat, membersihkan darah dan hati, mencegah usus buntu, sebagai anti kanker, mencegah kanker prostat dan payudara, dan juga sebagai obat arthritis.

Demikianlah 5 Sayuran Untuk Mengobati Asam Urat, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- khasiat serai untuk lutut - Nama2 sayuran untuk asam urat - obat kardinol - tomat cerry bagi orang yang menstruasi


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Leave a reply "5 Sayuran Untuk Mengobati Asam Urat"