7 Tips Mewarnai Rambut Secara Alami

Rambut dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih cantik, menarik dan mempesona. Rambut merupakan mahkota. Pepatah ini sangatlah tepat, sebab dengan adanya rambut, seseorang akan terlihat lebih anggun. Selain memiliki fungsi estetis, rambut juga memiliki fungsi fisiologis yaitu membantu melindungi kepala dari sengatan sinar matahari dan mencegah hilangnya panas dari tubuh.

Tips mewarnai rambut dengan daun inai

Tips mewarnai rambut dengan daun inai (foto: wikipedia)

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut patut dilakukan agar rambut senantiasa terlihat berkilau dan sehat serta enak dipandang mata. Salah satu cara memperindah rambut yaitu dengan mewarnai rambut. Banyak produk pewarna rambut yang bisa digunakan baik itu produk yang dijual secara bebas di pasaran maupun produk yang hanya tersedia di salon kecantikan langganan Anda.

Anda patut berhati-hati dengan berbagai produk pewarna tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa pewarna rambut berasal dari bahan kimia dan itu bukan suatu hal yang remeh. Sebab, bahan kimia akan berdampak buruk terhadap keindahan, kemilau, dan karakter rambut, dimana rambut menjadi kering, lebih mudah patah, atau mudah rontok. Semakin lama pewarnaan rambut (pewarna permanen dan pewarna semi permanen) berlangsung, maka akan semakin besar pula risiko kerusakan pada rambut Anda. Hal yang sebaiknya Anda lakukan ialah mewarnai rambut dalam jangka pendek. Maksudnya, semakin besar waktu pemakaian pewarna rambut, maka akan meminimalisir kerusakan pada rambut Anda.

Fakta yang mengejutkan mengenai produk pewarna rambut ialah pewarna rambut bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Lebih parahnya, jika produk pewarna tersebut tidak cocok dengan Anda, hal tersebut bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, sebelum mewarnai rambut, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Tapi Anda jangan khawatir. Anda bisa memiliki rambut indah berwarna dengan cara yang alami, yaitu dengan menggunakan daun inai. Inai tidak hanya berfungsi sebagai bahan pewarna rambut, akan tetapi inai juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan kepala dan rambut. Manfaat daun inai diantaranya daun inai dapat menyerap panas pada tubuh dan otak sehingga berguna menyembuhkan salah satu jenis sakit kepala, tetapi tidak semua sakit kepala. Daun inai juga berkhasiat mengatasi jamur, rambut rontok, ketombe, kaki pecah-pecah, dan panas. Selain itu, daun inai juga bisa menguatkan batang rambut sekaligus mencegah rambut bercabang dan patah.

Warna daun inai berasal dari bahan alami eltanin yang terdapat pada pohon inai. Warna yang dimunculkan saat Anda mewarnai rambut dengan daun inai cenderung merah. Namun, Anda bisa mengontrol warna daun inai yang akan digunakan untuk mewarnai rambut Anda dengan menambahkan bahan-bahan lain.

Berikut ini berbagai tips mewarnai rambut dengan menggunakan daun inai.

1. Membuat pewarna rambut berwarna cokelat.

Bahan :

  • 2 sendok makan bubuk daun inai
  • 570 ml air

Cara membuat dan menggunakan :
Rebus bubuk daun inai dengan air dan biarkan mendidik selama 10 menit. Setelah itu, saring dan simpan dalam botol kaca.
Ramuan ini bisa digunakan untuk membilas rambut setelah menggunakan sampo. Untuk mendapatkan rambut cokelat yang maksimal, gunakan ramuan ini berulang-ulang.

2. Membuat pewarna rambut berwarna hitam.

Bahan :

  • 8 sendok makan bubuk daun inai
  • 22 sendok makan daun-daun dari pohon nila (dari tumbuhan tarum/Indigo Fera Tinctoria, memiliki zat warna indigo) yang sudah digiling
  • Air mendidih secukupnya
  • 1 butir putih telur
  • Minyak jagung secukupnya

Cara membuat dan menggunakan :
Campurlah daun inai dan nila ditambah dengan air mendidih secukupnya untuk membentuk ramuan. Ketika ramuan sudah mulai dingin, masukkan putih telur dan aduklah secara merata.
Pijat kulit kepala dengan menggunakan minyak jagung secukupnya, untuk menghindari rambut kering. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut pada rambut dan biarkan selama 1-2 jam sesuai warna hitam yang diinginkan, kemudian keramaslah dengan menggunakan sampo. Untuk mendapakan warna hitam yang lebih maksimal, tambahkan kadar daun nilanya.

3. Membuat pewarna rambut yang lebih terang.

Jika Anda ingin warna rambut Anda lebih terang, maka Anda bisa membuat menggunakan ramuan pewarna rambut dari daun inai.
Bahan :

  • ½ gelas daun inai yang telah dihaluskan
  • 2 sendok serbuk halus kembang sepatu
  • ½ gelas air hangat.

Cara membuat dan menggunakannya :
Campurkan semua bahan, lalu aduk secara merata. Biarkan ramuan tertutup selama satu jam. Gunakan ramuan tersebut dengan membubuhkan ramuan ke rambut Anda. Usahakan saat membubuhkan ramuan, langsung ke akar rambut. Bubuhkan dua sendok di tengah kepala secara berserakan, lalu pijat dengan jari. Angkat rambut dan membubuhkan sedikit ramuan pada kulit kepala. Lalu, pijat kulit kepala agar meresap hingga ke akar rambut. Jangan lupa memijat bagian belakang kepala Anda.

Angkat rambut dengan tangan, lalu oleskan sisa ramuan dan sisir dengan tangan Anda atau dengan sisir yang bergigi lebar. Bungkus rambut dengan handuk atau topi nilon. Tunggu selama satu jam lalu buka handuk atau topi Anda kemudin ikat rambut Anda dengan selendang atau kerudung sampai kencang. Biarkan udara masuk agar daun inai dapat kering secara alami.

Lanjutkan satu sampai dua jam agar rambut kering. Cuci rambut dengan air hangat lalu dengan sampo sampai bersih.

4. Membuat ramuan pewarna rambut menjadi pirang

Bahan :

  • 2 gelas daun inai
  • 3 sendok kamomil
  • 2 sendok kulit delima
  • 1 gelas air

Cara pembuatan dan penggunaan :
Racik bahan-bahan tersebut dan digunakan untuk Anda yang memiliki rambut gelap dan ingin menjadikannya pirang. Penggunaannya pada dasarnya sama dengan uraian sebelumnya. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membuat ramuan pewarna rambut menjadi pirang keemasan

Bahan :

  • 2 gelas daun inai
  • 3 sendok kunyit bubuk
  • 1 gelas air
  • 1 sendok air oksigen

Cara pembuatan dan penggunaan :
Racik bahan-bahan tersebut dan diamkan di rambut selama tiga jam, kemudian bilas dengan air bersih dan Anda bisa lihat hasilnya.

6. Membuat ramuan pewarna rambut berwarna kuning kunyit

Bahan :

  • 2 gelas daun inai merah
  • 2 sendok kunyit yang sudah direndam selama satu jam dengan air hangat
  • ½ sendok air oksigen

Cara membuat dan menggunakan :
Aduk semua bahan, lalu letakkan di rambut selama lima jam dan warnanya bisa Anda kontrol. Jika proses pengeringan rambut menggunakan hair dryer, maka waktu pewarnaan rambut dapat dikurangi.

7. Membuat ramuan pewarna rambut berwarna ungu terong

Bahan :

  • 2 gelas daun inai merah
  • Kembang sepatu
  • 1 sendok the kering “Lipton” celup

Cara membuat dan menggunakan :
Campur bahan-bahan tersebut dengan air dan biarkan selama dua jam dengan menaruh kantong teh pada daun inai kemudian buang. Oleskan ramuan pada rambut, biarkan selama tiga jam sambil menunggu panas yang dirasakan rambut.

Perhatian :
Untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan, tidak cukup memakai ramuan hanya sekali atau dua kali. Tetapi ramuan harus digunakan berulang-ulang. Lebih baiknya lagi, Anda ulangi penggunaan ramuan selama tiga hari berturut-turut. Selamat mencoba !

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: mewarnai rambut secara alami tips mewarnai rambut

Share informasi tentang 7 Tips Mewarnai Rambut Secara Alami ini bila bermanfaat.

Author: 
    No related post!

    Leave a reply "7 Tips Mewarnai Rambut Secara Alami"