Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari

4/5 (1)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin menggunakan tabir surya setiap kali hendak ke luar rumah, memakai topi dan pakaian pelindung matahari lainnya, atau berlindung di tempat yang teduh di kala terik, sehingga kita tidak pernah mengalami kulit tersengat matahari.  Sebenarnya cara terbaik untuk mengobati sengatan matahari ialah mencegahnya, namun kenyataannya, kita bisa saja lupa. Mungkin kita lupa menerapkannya ketika hendak ke pantai, karena mungkin kelihatan mendung, atau mungkin ada area yang tidak terkena tabir surya atau tidak tertutupi dari sinar matahari. Tidak peduli apapun alasannya; kulit yang terkena sinar matahari telah menjadi merah, panas, bengkak dan sakit, dan tentu hal ini butuh penanganan. Meskipun tidak ada yang dapat membatalkan jika sudah terjadi kerusakan pada kulit, namun ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit terbakar matahari terasa lebih baik sambil mengalami proses penyembuhan. Inilah Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari.

Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari

  • Mandi air dingin (sejuk).

Air dingin atau hangat akan membantu mengeluarkan sebagian panas dari kulit yang terbakar. Tapi hindari air yang sangat dingin, yang dapat menyebabkan luka bakar makin buruk dan membuat Anda menggigil. Menambahkan oatmeal koloid dalam air mandi Anda akan melapisi dan menenangkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan meredakan peradangan.

  • Menggunakan lotion
Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari

Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari

Segera setelah Anda keluar dari kamar mandi  (selagi kulit Anda masih basah), berikan pelembab. Dianjurkan menggunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronic, bahan yang membantu mengikat air ke kulit. Aloe vera dalam pelembab bisa sangat menenangkan. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, membuka daun dan mengoleskan pulpa ke kulit akan melembabkan dan menenangkannya.

Hindari penggunaan after-sun spray, atau yang mengandung benzocaine atau anestesi lainnya. Karena itu hanya menawarkan penghilang rasa sakit instan, beberapa orang alergi terhadap bahan aktif tersebut, yang bisa memperburuk keadaan. Hal yang sama berlaku untuk krim dan minyak vitamin, seperti minyak vitamin E. Alergi bisa membuat kulit lebih panas, dan itu tidak akan banyak membantu. Juga, jangan menggunakan Vaseline atau produk petroleum jelly lainnya, karena itu tidak akan membuat Anda tenang.

  • Mengonsumsi obat Anti-Inflamasi

Kulit terbakar bisa menyakitkan, untuk itu Anda bisa minum aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi pembengkakan dan membantu meringankan ketidaknyamanan.

  • Minum

Dalam keadaan seperti ini, tubuh Anda bekerja keras untuk menenangkan diri, jadi tetap terhidrasi dapat membantu. Tetaplah menggunakan air putih, dan minum lebih banyak dari biasanya. Baca juga: 6 Manfaat Minum Air putih.

  • Cobalah obat dari kulkas

Mengoleskan secara tipis yogurt dingin pada kulit Anda akan menenangkannya dan menyerap panas, dan itu akan berfungsi sebagai anti-inflamasi ringan. Anda juga bisa membuat kompres dingin untuk diterapkan pada kulit yang terbakar. Campurkan susu skim dengan putih telur dan sedikit es. Rendam kain lap dalam campuran bahan tersebut dan oleskan ke kulit. Protein dalam susu dan telur melapisi permukaan kulit untuk menenangkan luka bakar.

  • Jangan Dikupas

Jika kulit Anda melepuh, tahan diri untuk tidak mengelupasnya, hal ini untuk mencegah bakteri masuk ke dalam. Membuka kulit yang terkelupas akan meningkatkan risiko infeksi. Jika ada lecet yang meletus, pastikan untuk menggunakan salep antibiotik yang dijual bebas ke kulit yang terkena.

  • Jaga diri dari sinar Matahari

Mengalami kulit terbakar berarti kulit sudah rusak, meradang, dan berisiko lebih tinggi untuk kerusakan lebih parah jika mengeksposnya dengan sinar UV. Usahakan selalu berada di tempat teduh atau di dalam ruangan sampai kulit sembuh. Jika Anda harus berjemur, pakailah pakaian yang menutupi area yang terbakar.

  • Temui dokter Dokter Jika Parah

Jika Anda memiliki luka bakar yang meluas atau melepuh, Anda mungkin mengalami luka bakar parah yang harus ditangani oleh dokter. Apalagi jika Anda menggigil, demam, atau mual.

Demikianlah Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari perawatan kulit

Share informasi tentang Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing

Related Post "Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari"

3 Tips Alami Menjaga Kesehatan Kulit
Memasuki musim penghujan kemungkinan ada banyak permasalahan
Ingin Awet Muda? Lakukan Perawatan Ini Menjelang Tidur
Ingin Awet Muda? Lakukan Perawatan Ini Menjelang

Leave a reply "Cara ampuh mengatasi kulit terbakar matahari"