Cara tepat mengobati sakit pinggang

Cara tepat mengobati sakit pinggang – Sakit pinggang? Jika sakit pinggang Anda masih ringan, tak perlu minum obat. Hentikan kegiatan yang berat dan beristirahat sudah cukup.

Sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang paling sering dialami di dunia setelah sakit kepala. Menurut data NIH (National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases), 8 dari 10 orang di dunia ini pernah mengalami sakit pinggang sepanjang hidupnya.

Sakit pinggang biasanya dialami oleh orang berusia 40 – 80 tahun sehingga sering disebabkan karena efek penuaan seperti penyakit sendi atau gangguan pada tulang belakang. Akan tetapi, sakit pinggang juga bisa menyerang orang yang berusia lebih muda. Hal ini biasanya disebabkan gaya hidup sedentary yaitu jarang melakukan aktivitas fisik (olahraga).

Penyebab sakit pinggang yang lainnya adalah postur tubuh yang salah, posisi duduk yang salah, tidak berhati-hati saat mendorong, mengangkat, dan menarik barang, hingga terlalu banyak berolahraga sehingga otot mengalami kekakuan. Sakit pinggang juga bisa disebabkan encok, terkilir, atau adanya organ dalam tubuh yang bermasalah.

Sakit pinggang ringan biasanya dapat langsung diobati dan sembuh dalam waktu 6 minggu tanpa harus menjalani operasi. Namun, hal ini tetap bergantung pada riwayat kesehatan pasien, tipe, serta sakit yang dirasakan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba sebagai obat sakit pinggang yang alami:

Cara tepat mengobati sakit pinggang

  1. Menghentikan aktivitas berat selama beberapa hari supaya jaringan otot dan akar-akar saraf bisa pulih kembali.
  2. Beristirahat secukupnya sebab terlalu lama beristirahat akan membuat otot-otot melemah sehingga tidak bisa menopang tulang belakang.
  3. Imbangi istirahat dengan rutin berolahraga tapi pilihlah olahraga yang berintensitas rendah.
  4. Mengompres pinggang dengan kompres panas atau kompres dingin.
Cara tepat mengobati sakit pinggang

Cara tepat mengobati sakit pinggang (Ilustrasi/Thinkstock)

Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan berbagai obat sakit pinggang yang bisa menghilangkan kejang otot. Tapi, dalam memilih obat sakit pinggang, pertimbangkan gejala rasa sakit yang timbul serta obat-obatan yang pernah dikonsumsi sebelumnya.

Jenis obat sakit pinggang yang dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan rasa sakit pinggang meliputi:

  1. Obat jenis acetaminophen dan nonsteroidal anti-inflammatory seperti ibuprofen dan naproxen. Obat-obatan ini dapat diperoleh tanpa resep dokter dalam dosis rendah.
  2. Muscle relaxants yang berfungsi meredakan kejang otot serius serta sakit pinggang, namun dengan efek samping seperti timbulnya rasa kantuk.
  3. Penghilang rasa sakit opiat yang termasuk ke jenis obat-obatan yang kuat dan efektif dalam mengatasi rasa sakit serius dan tiba-tiba. Konsumsi jenis obat-obatan ini biasanya hanya berlangsung selama 1 hingga 2 minggu.
  4. Antidepresan seperti amitriptyline dan duloxetine dapat membantu meredakan rasa sakit yang kronis.
  5. Suntikan anesthetic maupun steroid yang dapat diperoleh dengan resep dari dokter untuk sakit pinggang kronis. Namun, obat ini hanya memberikan efek kesembuhan yang singkat.

Penggunaan obat sakit pinggang tersebut harus sesuai dengan rekomendasi dokter. Oleh karena itu, selalu konsultasikan obat-obatan yang ingin Anda konsumsi dan segera beritahukan dokter saat obat tidak bekerja secara efektif untuk mengganti dengan jenis obat lain bila perlu. (Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P / Meetdoctor)

Demikianlah artikel mengenai Cara tepat mengobati sakit pinggang, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara mengobati sakit pinggang dengan meliya biyang - Melia biyang bisakah untuk sakit pinggang - mengatasi sakit pinggang dng melia biyang - obat nyeri otot dengan melia biyang - propolis dan melia biyang bisa untuk sakit pinggang? - semprot di bagian mana ketika sakit pinggang /belakang dgn melia biyang


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: sakit pinggang

Share informasi tentang Cara tepat mengobati sakit pinggang ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Leave a reply "Cara tepat mengobati sakit pinggang"