Daftar makanan pencegah kanker kulit

Global warming tengah terjadi dan menyebabkan lapisan ozon yang semakin menipis sehingga menyebabkan sinar ultraviolet (UV) dari matahari lebih mudah menembus bumi. Akibatnya, kulit yang langsung terkena paparan sinar UV berisiko terkena kanker kulit.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Kanker kulit terutama sering terjadi pada kulit yang sering terpapar sinar UV, misalnya kulit kepala, wajah, bibir,, telinga, leher, dada, tangan dan kaki. Pada beberapa bagian tersebut biasanya akan menimbulkan benjolan mengkilat seperti bekas luka, kulit bersisik, dan kemerahan. Tidak hanya itu, tahi lalat juga dapat berubah bentuk dan ukuran, serta berdarah.

Untuk mengurangi risiko kanker kulit, Anda dapat mulai dengan merawat kesehatan kulit, terutama bagi Anda yang bekerja di luar ruangan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker kulit.

Daftar makanan pencegah kanker kulit:

1. Ikan salmon
Selain rasanya yang enak dan disukai oleh hampir semua orang, ikan salmon merupakan makanan yang kaya akan omega-3. Nah, perlu Anda ketahui, omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon berfungsi untuk menangkal peradangan dan mengatasi efek buruk cahaya matahari pada kulit. Selain itu, protein dan selenium yang terkandung pada ikan salmon juga dapat membantu kulit dalam menyembuhkan luka pada kulit.

2. Kunyit
Selama ini, kunyit memang dikenal sebagai rempah-rempah yang dipakai untuk bumbu masakan. Namun, kunyit juga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung sumber utama kurkumin yang merupakan senyawa aktif polifenol yang dapat melawan perkembangan kanker kulit. Kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi peradangan dan bekerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit.

Daftar makanan pencegah kanker kulit

Daftar makanan pencegah kanker kulit (Ilustrasi /Thinkstock)

3. Teh hijau
Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga mempunyai antioksidan polifenol yang dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari yang bisa merusak kulit. Selain itu antioksidan dalam teh hijau juga dapat mencegah kerusakan dan memperbaiki DNA, serta menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

4. Tomat
Salah satu buah yang banyak mengandung lycopene adalah tomat yang berfungsi membantu mencegah kanker kulit. Selain itu, tomat juga dapat mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Dan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa partisipan yang makan tomat selama 10 minggu memiliki risiko terbakar matahari 40 persen lebih rendah dari yang tidak atau kurang makan tomat.

Beberapa jenis makanan di atas dapat membantu Anda mencegah terjadinya kanker kulit. Namun, Anda pun harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur supaya terhindar dari berbagai penyakit. (Meetdoctor.com)

Demikianlah artikel mengenai Daftar makanan pencegah kanker kulit, semoga bermanfaat.


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: pencegah kanker kulit

Share informasi tentang Daftar makanan pencegah kanker kulit ini bila bermanfaat.

No related post!

Leave a reply "Daftar makanan pencegah kanker kulit"