Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung

Makan banyak serat dapat memperbaiki kemungkinan perbaikan kesehatan jangka panjang. Orang yang selamat dari serangan jantung kemungkinan besar akan tetap hidup sembilan tahun kemudian jika memakan makanan berserat tinggi, kata sebuah laporan di British Medical Journal.

Mereka mengatakan ada kaitan antara memakan serat 10 gram per hari dan penurunan resiko kematian sebesar 15%.

Para ahli mengatakan susunan makanan berserat memperbaiki tekanan darah dan kolesterol, lapor wartawan BBC Michelle Roberts.

Pada umumnya sebagian besar penduduk Inggris memakan sekitar 14 gram serat per hari, jumlah yang seharusnya dicapai adalah 18 gram. Sementara ahli AS mengusulkan sampai 38 gram per hari.
Buah seperti pisang dan apel, sayur seperti wortel dan kentang, serta roti gandum adalah sumber makanan serat yang baik.

Diet yang rendah serat dikaitkan dengan susah buang air besar dan penyakit lambung seperti kanker perut. Kebiasaan ini kemungkinan juga mempengaruhi kesehatan jantung.

Tim dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard menganalisa data dari dua kajian besar Amerika yang melibatkan lebih empat ribu pria dan wanita yang selamat dari serangan jantung pertama. (BBC Indonesia)

Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung

Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung (Ilustrasi)

Serangan jantung, atau infark miokardial (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Ketiga kategori penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.

Faktor-faktor pemicu serangan jantung ialah Rokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat.

Tubuh kita harusnya membutuhkan serat dalam hal ini 25-40 gram perharinya. Jenis makanan yang berserat tersebut didominasi oleh buah dan sayuran yang kita makan.

Berikut ini 5 makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi :

  1. Alpukat. Buah alpukat ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat bagi tubuh Anda. Dalam setiap setengah potong buah alpukat tersebut mengandung 6 gram serat. Oleh karena itulah, buah alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh Anda.
  2. Kacang-kacangan. Dalam hal ini walnut dan almond yang merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat dalam tubuh Anda.
  3. Gandum. Berbagai makanan yang berbahan dasar gandum seperti tepung gandum serta roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh Anda per harinya.
  4. Aneka buah-buahan seperti buah pisang, jeruk, apel dan lainnya  merupakan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh Anda.
  5. Aneka sayur-sayuran seperti Bunga kol, bayam, kentang,  serta labu merupakan aneka jenis sayuran-sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh per harinya.

Demikianlah artikel mengenai Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: fungsi makanan berserat makanan sehat untuk penderita jantung

Share informasi tentang Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung ini bila bermanfaat.

No related post!

Leave a reply "Fungsi makanan berserat Terhadap Risiko serangan Jantung"