8 Gejala Awal Penyakit Parkinson - BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA | Agen Propolis ASLI
5/5 (1)

Penyakit Parkinson adalah kelainan sistem saraf progresif yang memengaruhi gerakan. Gejala awal penyakit Parkinson dimulai secara berberangsur-angsur, kadang-kadang dimulai dengan tremor yang nyaris tak terlihat hanya di satu tangan. Tremor sering terjadi, tetapi kelainan ini juga biasanya menyebabkan kekakuan atau memperlambat gerakan.

Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah mungkin menunjukkan sedikit atau tanpa ekspresi. Lengan mungkin tidak terayun saat berjalan. Bicara mungkin menjadi tidak jelas. Kemudian gejala penyakit Parkinson memburuk saat kondisi terus berkembang seiring dengan waktu.

Meskipun penyakit Parkinson tidak dapat disembuhkan, obat-obatan mungkin secara signifikan dapat memperbaiki gejala. Kadang-kadang, dokter mungkin menyarankan operasi untuk mengatur bagian-bagian tertentu dari otak yang akan mengurangi gejala yang dialami.

Gejala Awal Penyakit Parkinson

Gemetar

Pernahkah Anda memperhatikan sedikit gemetar atau tremor di jari, ibu jari, tangan atau dagu Anda? Getaran saat istirahat merupakan gejala awal penyakit Parkinson yang umum terjadi.

Kapan gemetar bukan merupakan gejala penyakit Parkinson?

Gemetar bisa dianggap normal setelah banyak berolahraga, jika stres atau jika terluka. Gemetar juga bisa disebabkan oleh obat yang dikonsumsi.

Perubahan pada tulisan

Apakah tulisan tangan Anda menjadi jauh lebih kecil daripada sebelumnya? Anda mungkin memperhatikan bahwa cara Anda menulis telah berubah, seperti ukuran huruf lebih kecil dan penuh sesak. Perubahan tulisan tangan mungkin merupakan tanda penyakit Parkinson yang disebut mikrografia.

Kapan tulisan tangan berubah dianggap bukan sebagai penyakit Parkinson?

Terkadang tulisan bisa berubah seiring bertambahnya usia, hal itu jika tangan atau jari Anda yang kaku atau penglihatan Anda yang buruk.

Kesulitan berjalan

Perubahan halus dalam pola berjalan seseorang bisa menjadi gejala awal penyakit Parkinson.

Seseorang yang menderita penyakit Parkinson mungkin berjalan lambat atau menyeret kaki mereka saat berjalan.

Orang yang mengalami gejala awal Penyakit Parkinson mungkin berjalan dengan kecepatan yang tidak teratur, tiba-tiba berjalan lebih cepat atau lebih lambat atau mengubah panjang langkahnya.

Kehilangan penciuman

Hiposmia terjadi ketika seseorang kehilangan kemampuan untuk mencium. Ini juga disebut disfungsi penciuman. Kehilangan penciuman merupakan gejala yang relatif umum, mempengaruhi 70-90 persen orang yang menderita penyakit Parkinson.

Kehilangan penciuman merupakan salah satu gejala penyakit Parkinson yang paling tidak berhubungan dengan gerakan. Itu bisa muncul beberapa tahun sebelum penyakit mempengaruhi pergerakan seseorang.

Orang yang memiliki hiposmia sebagai gejala penyakit Parkinson mungkin mengalami hal-hal berikut:

  • Indra penciuman berkurang
  • Kesulitan mendeteksi bau
  • Kesulitan mengidentifikasi bau
  • Kesulitan membedakan bau

Dokter akan menggunakan tes identifikasi bau untuk mendiagnosis hyposmia, tetapi akurasi tes ini sangat bervariasi.

Mengalami hiposmia tidak selalu berarti seseorang menderita penyakit Parkinson. Indera penciuman seseorang dapat berubah karena berbagai sebab, seperti usia, mero**kok, atau paparan bahan kimia yang keras. Hiposmia juga merupakan gejala dari kondisi medis lainnya, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Huntington.

Masalah tidur

Masalah tidur - Gejala Awal Penyakit Parkinson

Setiap orang memiliki masalah tidur seiring dengan waktu. Namun itu bisa juga merupakan gejala awal Penyakit Parkinson.

Tanda-tanda awal penyakit Parkinson dapat mencakup seringnya melakukan gerakan yang tidak terkendali, tidak hanya sesekali, tetapi secara teratur. Menendang, meronta-ronta, menggapai-gapai, dan bahkan jatuh dari tempat tidur dapat menjadi indikasi masalah serius.

Perubahan suara

Penyakit Parkinson memengaruhi gerakan, termasuk cara berbicara. Perubahan suara yang kurang dramatis dapat terjadi pada tahap awal penyakit.

Orang-orang mengalami tahap awal penyakit Parkinson sering berbicara dengan nada rendah, suara serak, atau dengan sedikit perubahan suara.

Kekakuan

Kekakuan mengacu pada kekakuan anggota badan atau batang tubuh. Kekakuan, terutama pada tahap-tahap awal penyakit, mungkin secara keliru dikaitkan dengan artritis atau masalah ortopedi, seperti cedera rotator cuff.

Bradikinesia

Bahasa Yunani untuk “gerakan lambat,” bradikinesia merupakan gejala yang sering terjadi pada penderita penyakit Parkinson dan gangguan gerakan terkait. Selain lambatnya gerakan secara umum, bradikinesia pada penyakit Parkinson biasanya ditunjukkan oleh ekspresi wajah seperti memakai masker (hypomimia atau masker wajah), penurunan kecepatan kedipan mata, dan masalah dengan koordinasi motorik halus ( misalnya, kesulitan mengancing baju). Memiliki kesulitan membalik badan di tempat tidur merupakan tanda-tanda bradikinesia lainnya.

HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga

*