Hubungan asam urat dan ginjal

Hubungan asam urat dan ginjal

A. Hubungan asam urat dan ginjal

Asam urat bisa dikatakan lain adalah hasil akhir dari metabolisme purin yang berada di dalam tubuh, sedangkan purin adalah protein yang dari golongan nukleoprotein yang tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh. Kadar asam urat yang tinggi dapat menimbulkan tofus, yaitu benjolan keras yang berisi semacam serbuk kapur, terutama di bagian kaki dan tangan.

Kadar asam urat yang berlebih dalam darah menyebabkan penimbunan kristal asam urat, apabila penimbunan kristal terjadi di sendi maka terjadilah penyakit gout atau asam urat. Begitu juga jika terjadi di ginjal, maka akan muncul batu asam urat ginjal yang sering disebut dengan batu ginjal.

Pada stadium awal, penyakit ginjal tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, seiring dengan berjalannya waktu maka akan terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh penderita dan kaki serta tangan menjadi bengkak, nafas pendek dan energi untuk beraktivitas akan menurun.

Hubungan asam urat dan ginjal

Hubungan asam urat dan ginjal (Ilustrasi)

Fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berada di dalam darah dengan cara menyaringnya. Jika kedua ginjal gagal menjalankan fungsinya (tahap akhir penyakit ginjal), sisa-sisa hasil metabolisme yang diproduksi oleh sel normal akan kembali masuk ke dalam darah (uremia).

B. Proses Pengendapan Asam Urat

Normalnya, asam urat akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses ( kotoran ) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada sehingga menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin.

Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau membengkak, gagal ginjal, dapat juga memicu jantung koroner dan diabetes mellitus/kencing manis, dan lain-lain.

Asam urat dan garam-garam anorganik dibuang melalui saluran ginjal, kandung kemih serta saluran kemih dalam bentuk urin. Kegagalan ginjal dalam proses pembuangan asam urat dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah meningkat. Hal ini juga dapat menimbulkan komplikasi lain, yaitu pengendapan asam urat dalam ginjal yang akhirnya terjadi pembentukan batu ginjal dari kristal asam urat.

Demikian artikel dari saya mengenai Pengendapan Asam Urat di Ginjal, semoga menjadi bacaan yang menarik dan bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- hubungan asam urat dengan ginjal - hubungan asam urat dan gagal ginjal - hubungan asam urat dengan diabetes - hubungan asam urat dan ginjal pdf - hubungan asam urat dan ginjal - hubungan asam urat dan cuci darah - hubungan antara penyakit asam urat dengan ginjal - gout ginjal - asam urat ginjal - pengendapan purin di ginjal


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: asam urat dan ginjal

Share informasi tentang Hubungan asam urat dan ginjal ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Leave a reply "Hubungan asam urat dan ginjal"