Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK – Ibu rumah tangga ternyata lebih rentan terjangkit HIV dibanding PSK. Kasus yang terjadi pada mereka adalah karena tertular HIV dari suaminya.

Suami mereka yang lebih dulu terjangkit HIV umumnya karena pengguna narkoba suntik dan sering gonta ganti pasangan. Para ibu rumah tangga ini kemudian ikut tertular HIV ketika melakukan hubungan intim dengan suaminya tanpa alat pelindung.

Program Manager Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Melly Windi Lianti, pada Jumat (5/9/2014) lalu di Jakarta, mengatakan, para wanita PSK lebih menyadari akan bahaya tertular virus HIV. Mereka pun melakukan pencegahan dengan menggunakan alat pelindung saat berhubungan intim.

“Fenomenanya kini lebih banyak pada ibu rumah tangga karena mereka merasa tidak punya risiko HIV. Teman-teman “penjaja kue” justru lebih aware,” kata Melly.

Para ibu rumah tangga ini umumnya terlambat mengetahui telah tertular HIV karena tidak melakukan pemeriksaan sebelumnya. Mereka merasa tak berisiko terinfeksi HIV. Mirisnya, HIV bisa ikut menular pada bayi yang mereka kandung. HIV bisa menular saat ibu positif HIV menyusui anaknya. Ketidaktahuan para ibu ini menyebabkan kelahiran bayi positif HIV tidak sempat dicegah.

Data terakhir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, jumlah perempuan positif HIV dari kalangan ibu rumah tangga mencapai 6.230 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan perempuan pekerja SK yakni 2.021 orang. Data ini merupakan total dari tahun 1987 hingga 2013.

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV (Ilustrasi)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi juga mengatakan, jumlah perempuan terinfeksi HIV dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2012 yaitu ada 9.318 perempuan baru terinfeksi HIV. Kemudian meningkat berdasarkan data terakhir tahun 2013, yaitu 12.279 perempuan. Sementara itu, tahun ini tercatat hingga Juni 2014, ada 6.528 perempuan yang dinyatakan positif HIV.

Untuk itu Kemenkes melakukan upaya pencegahan Penularan Melalui Transmisi Sek*ual (PMTS). Terkait pencegahan penularan ke bayi yang dilahirkan, Kemenkes melakukan akselerasi peningkatan cakupan dan layanan Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PPIA).

Para ibu rumah tangga bersama pasangannya pun kini diimbau untuk melakukan tes HIV sedini mungkin. Bila hasilnya positif, mereka akan diberi obat Antiretroviral (ARV). Pemberian ARV secepat mungkin dapat mengurangi jumlah virus dalam darah dan mengurangi risiko penularan kepada orang lain. (Banjarmasin Post/Kompas.com)

Demikianlah artikel mengenai Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: HIV

Share informasi tentang Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing

Related Post "Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK"

Obat Transplantasi Mungkin Bisa Atasi HIV
BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA - Obat yang
Vaksin Brasil untuk Mengatasi Virus HIV
BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA - Sebuah langkah

Leave a reply "Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Tertular HIV Dibanding PSK"