Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan

Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan – Penggunaan obat antibiotik tak rasional kian marak. Untuk itu, Komite Farmasi Nasional akan bekerja sama dengan asosiasi profesi dan institusi pendidikan farmasi guna meningkatkan pemahaman dan kedisiplinan tenaga kesehatan bidang farmasi terkait pemberian antibiotik.

Menurut Ketua Umum Komite Farmasi Nasional Purwadi, pihaknya akan mengkaji implementasi kurikulum pendidikan farmasi terkait pemahaman para apoteker atas kerasionalan antibiotik. Itu akan dilakukan bersama asosiasi profesi, pendidikan tinggi farmasi, serta pendidikan diploma dan menengah farmasi.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam sambutannya saat melantik jajaran Komite Farmasi Nasional, Selasa (23/9/2014), di Jakarta, menyatakan, aturan yang ada jelas menyebutkan, penggunaan dan penjualan antibiotik tak boleh sembarangan. Sebab, pemakaian antibiotik tak rasional akan mengakibatkan resistensi penyebab penyakit pada antibiotik.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, sekitar 86,1 persen rumah tangga menyimpan antibiotik tanpa resep. Hal itu menunjukkan ketidakdisiplinan tenaga kesehatan dalam memberikan antibiotik. ”Kedisiplinan tenaga farmasi perlu ditingkatkan. Sanksi tak berjalan karena pengawasan lemah,” ujarnya.

Hasil riset ”Antimirobial Resistance” di Indonesia pada 2011, dari 2.494 responden, ditemukan resistensi Escherichia coli terhadap antibiotik pada 43 persen responden. Hal serupa ditemukan pada bakteri penyebab tuberkulosis. Kondisi itu terjadi karena ketidakpatuhan pemakaian antibiotik. Untuk itu, apoteker dan asisten apoteker diimbau mengingatkan pasien agar menghabiskan antibiotik yang diresepkan.

Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia Nurul Falah Eddy Pariang mengatakan, institusi pendidikan farmasi mengajarkan siswa tidak memberikan antibiotik jika tak diresepkan. Kini, pihaknya menyusun pedoman disiplin pemberian antibiotik, termasuk sanksi pencabutan sertifikat kompetensi apoteker. (Bangka Pos/Kompas.com)

Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan

Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan (Ilustrasi obat / Shutterstock)

Demikianlah artikel mengenai Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- kedisplinan perusahaan apoteker - melia farmasi - no lhp itu apa dalam farmasi - pendidikan profesi apoteker yang ada di jakarta - propolis menurut farmasi apoteker


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: apoteker

Share informasi tentang Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Leave a reply "Kedisiplinan Apoteker Perlu Ditingkatkan"