Lapar Tengah Malam, Jangan Makan Karbohidrat

5/5 (4)

Saat begadang atau menjelang tidur di tengah malam, terkadang muncul rasa lapar. Padahal sudah makan malam. Nah, jika perut tak mau diajak kompromi, apa yang harus kita lakukan?

Menurut Pakar Gizi, Dr. dr. Darmono SS,MPH, SpGK., rasa lapar di tengah malam sebenarnya hanya merupakan sensasi manusia yang masih memiliki keinginan untuk makan. Pasalnya, jika sudah makan sekitar pukul 19.00 atau 20.00 WIB, seharusnya lambung sudah penuh dan merasa kenyang.

Baca juga: 6 Tips Makan Malam Sehat Untuk Hindari Kegemukan.

“Jadi, rasa lapar itu bukan karena faktor makan malam yang tidak cukup. Akan tetapi ada rasa tidak cukup usai makan makanan yang mengandung karbohidrat berlebih,” jelas pengajar ilmu gizi di Universitas Diponegoro.

Oleh karena itu, cara paling aman saat merasa lapar di tengah malam adalah minum air hangat. “Sebenarnya, minum air hangat sudah bisa menghilangkan rasa lapar,” tambah Darmono.

Bolehkah makan nasi saat perut lapar di tengah malam dan tak bisa diajak berkompromi dengan segelas air hangat?
makan tengah malam
“Tidak, karena nasi mengandung energi tinggi,” tandas Darmono. Makan nasi menjelang tidur dapat menyebabkan kegemukan dan juga bahaya diabetes.

Jika melihat kebiasaan banyak orang, untuk mengantisipasi rasa lapar mereka mengonsumsi camilan ringan baik yang gurih maupun manis. Namun, Darmono tidak merekomendasikan itu. Kebiasaan makan camilan juga sama saja menambah energi.

Selain minum air hangat, lanjutnya, makanan yang aman dikonsumsi di malam hari hanyalah buah-buahan dan sayur-sayuran karena tidak mengandung energi.

”Makanan berserat tinggi seperti sayur-sayuran tetap baik dikonsumsi pada malam hari,” jelasnya.

Makan sayuran sebelum tidur sudah cukup membuat lambung penuh dan terasa kenyang, sehingga kita tak perlu mengonsumsi camilan yang justru menambah energi dan berimbas pada kenaikan berat badan.

Apabila terlalu sering merasa lapar di tengah malam, saran Darmono, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. “Keseimbangan positif Anda akan dihitung oleh sang dokter untuk mengetahui makanan apa dan apa yang diperbolehkan lebih spesifik,” urainya.

sumber

Mengapa lapar tengah malam saat hamil?

Saat hamil, tidak peduli berapa banyak atau seberapa sering Anda makan, Anda mungkin masih merasa lapar pada siang dan malam hari. Itu merupakan hal yang lumrah, karena bayi dalam kandungan memiliki kebutuhan kalori sendiri. Itulah sebabnya ibu hamil sering bangun tengah malam karena lapar. Hanya saja, sebagai ibu hamil, Anda hanya membutuhkan 300 kalori ekstra per hari, dan bahkan lebih sedikit selama trimester pertama. Namun, peningkatan metabolisme dapat membuat perut Anda keroncongan atau mual.

Bolehkah ibu hamil makan tengah malam?

Jika Anda sedang hamil, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Siapkan di kulkas Anda atau di meja makan makanan ringan yang dapat dikonsumsi dengan cepat dan sehat seperti keju cottage, telur rebus, dan buah-buahan serta sayuran segar, sehingga kalau merasa lapar, Anda bisa mengonsumsinya.

Anda bisa mengonsumsi roti gandum atau beras merah dibandingkan dengan mengonsumsi roti putih atau nasi putih, dan buah segar lebih baik dari buah kalengan dalam sirup manis. Kurangi makanan berlemak dan manisan.

Jika Anda mengidam camilan tengah malam, pilih sesuatu yang sarat dengan nutrisi yang sekaligus dapat menghilangkan rasa lapar Anda: semangkuk sereal dengan susu, roti panggang dengan selai kacang, atau beberapa biskuit dengan keju.

Jangan lupa asupan air minum untuk tetap terhidrasi. (Jika Anda sering ke kamar mandi di malam hari, Anda mungkin ingin mencoba mendapatkan lebih banyak cairan pada pagi hari dan lebih sedikit tepat sebelum tidur.)

Bagi ibu hamil, perlu untuk menjaga agar tidak makan berlebihan jika Anda menderita gangguan pencernaan atau sakit maag, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah buat Anda.

Demikianlah Lapar Tengah Malam, Jangan Makan Karbohidrat, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- ibu hamil lapar tengah malam - bolehkah ibu hamil makan tengah malam - Bolehkah bumil makan tengah malam - boleh kah ibu hamil makan tengah malam - bolehkah ibu menyusui makan tengah malam - bolehkah wanita hamil makan tengah malam - lapar tengah malam saat hamil - bolehkah bumil makan malam - Ibu hamil makan malam - bumil mkn tengah mlm baik tidak?


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: makan tengah malam

Share informasi tentang Lapar Tengah Malam, Jangan Makan Karbohidrat ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Comments are closed.