Meliaindo.com – Apakah Anda pernah merasakan stres dan inginnya makan saja?

Saat sedang merasa marah, kesal, badmood atau stress sebagian perempuan akan melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan manis serta beragam cemilan berlemak. Keadaan tersebut sering disebut dengan istilah emotional overeating makan secara berlebihan dalam porsi besar untuk meredam emosi.

Seperti dikutip dari She Knows studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of Wurzbug, Jerman mengungkapkan mengapa saat merasa depresi dan stress perempuan menginginkan makan cake lezat. Seseorang yang sedang terpengaruh emosinya merasakan rasa makanan berlemak dan cake lezat  yang berbeda dan juga terjadi peningkatan hormon yang menyebabkan seseorang menginginkan makanan asin dan manis saat stress.

Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa orang relawan yang dibagi kedalam 3 kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menonton film yang menyenangkan, kelompok kedua menonton film netral yang tidak memainkan emosi, sedangkan film kelompok terakhir diminta untuk menonton film sedih yang menggugah emosi. Dan setelah itu mereka diberikan minuman creamy yang mengandung banyak lemak.

Dibandingkan kelompok pertama dan kedua, merasakan minuman dengan rasa yang sama. Tapi kelompok ketiga measakan minuman creamy yang lebih nikmat dan manis. Hal ini terjadi karena saat emosi, hormon kortisol meningkat. Hormon ini bertugas untuk membuat tubuh menginginkan makanan manis dan asin.

Selain itu saat merasa gelisah mulut dan lidah menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi perasaan tidak nyaman ini biasanya orang yang mengalami emotional overeating akan mengunyah makanan. Dessert manis yang terbuat dari coklat dan banyak gula juga bisa menimbulkan efek gembira, sehingga saat emosi untuk meredamnya biasanya seseorang akan terus mengkonsumsinya.
makan berlebihan
Meredam emosi dengan cara makan memang baik dan tidak merugikan orang lain. Tapi, hal ini membahayakan tubuh dan bisa memicu obesitas. Untuk mengatasinya Cobalah tenang dan alihkan fikiran ke kegiatan yang menyenangkan. Menjauhkan diri dari lemari es yang menyimpan banyak makanan sangat baik. Kunyahlah permen karet untuk mengobati rasa gelisah dan perasaan tidak nyaman. Ini bisa membantu mengalihkan tubuh dari keinginan untuk makan berlebihan saat emosi.

Demikianlah artikel mengenai Makan Berlebihan Karena Emosi? Inilah Penyebab Dan Tips Untuk Mengatasinya, semoga bermanfaat.

sumber

HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga

GRATIS ONGKIR HARI INI SAJA

Summase S Pd

Blogger, network marketing

Leave a Reply

Close Menu