Makan Berlebihan Tanda Kurang Nutrisi

Sering kita mengalami ketagihan makanan atau sekedar ingin sekali makan sesuatu yang harus terlaksana layaknya orang ngidam. Saat liburan atau bersantai di rumah ingin rasanya ngemil sesuatu. Rasanya mulut ingin mengunyah terus menerus. Keinginan yang kuat untuk memakan atau sekedar mencicipi suatu makanan tertentu bukan suatu hal yang buruk, justru ini pertanda bahwa tubuh kita memberikan kita peringatan atau tanda bahwa tubuh kita kurang nutrisi, vitamin atau mineral tertentu.

Makan berlebihan tanda kurang gizi

Makan berlebihan tanda kurang gizi (Ilustrasi/youtube)

Biasanya ada beberapa jenis makanan yang paling digemari untuk dijadikan camilan yang bikin ketagihan. Contohnya:

  1. Coklat

Siapa yang tidak suka coklat? Rasa manisnya terkadang membuat kita tidak bisa berhenti mengunyah. Apalagi kalau kita sedang tertekan atau banyak pikiran, tidak sedikit dari kita yang langsung menikmati coklat dengan dalih penghilang stres. Bagi anda yang ketagihan atau mendadak ingin ngemil coklat,  sebenarnya yang dibutuhkan tubuh anda ialah Magnesium. Kebutuhan magnesium bisa dipenuhi dengan makanan lain seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan buah.

  1. Makanan manis dan permen.

Makanan manis seperti permen ini juga salah satu jenis makanan atau juga cemilan yang banyak digemari masyarakat. Contohnya permen, menjadi salah satu makanan yang praktis bisa dibawa kemana saja dan dimakan kapan saja. Tentunya jika terlalu banyak bisa menimbulkan naiknya gula darah atau kerusakan pada gigi.

Ketagihan atau keinginan untuk makan sesuatu yang manis atau ingin akan permen bisa jadi tubuh anda menandakan kekurangan zat Chromium, Karbon, Sulfur, dan Fosfor. Makanan yang mengandung chromium antara lain ialah brokoli, anggur, keju dan daging ayam. Makanan yang mengandung Karbon yaitu buah-buahan segar. Makanan yang mengandung zat sulfur yaitu daging ayam, daging sapi, minyak ikan, telur, kacang dan sayuran. Sedangkan makanan yang mengandung Fosfor ialah buah berry, kubis dan kembang kol.

  1. Roti, pasta, mie instan.

Jenis makanan dengan karbohidrat yang cukup tinggi juga menjadi salah satu makanan yang sering diinginkan hanya untuk cemilan atau memang ketagihan. Seperti yang kita tahu, roti atau mie instant sering dijadikan makanan selingan sebagai penunda lapar sebelum makan siang atau makan malam. Padahal kalori yang dihasilkan setara dengan makanan utama. Akan tetapi yang namanya ketagihan atau sedang ingin sekali makan makanan jenis ini pastinya akan tetap dimakan.

Ketagihan makanan jenis ini menandakan tubuh kita kekurangan zat Nitrogen. Zat Nitrogen di dalam tubuh bisa dipenuhi dengan asupan nutrisi dari jenis makanan lain yang lebih sehat seperti lemak baik dari ikan, kacang-kacangan, daging sapi, kedelai dan beberapa makanan tinggi protein yang lain.

  1. Makanan berlemak dan minuman soda.

Jenis makanan satu ini merupakan kegemaran semua orang khususnya masyarakat Indonesia. Makanan berlemak dan berminyak seperti rendang, gulai, tongseng, nasi padang dan masih banyak macamnya. Selain enak, cita rasa khas menjadi idola masyarakat untuk menyantap makanan ini pada siang atau malam hari. Dan sebagai pelengkap setelah menyantap makan siang, sangat menyegarkan dengan minuman bersoda. Minuman soda sangat digemari juga oleh masyarakat kita apalagi remaja. Selain rasanya yang unik karena kandungan soda, rasa manisnya juga menyegarkan. Akan tetapi banyak dari masyarakat yang lupa dengan kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi dalam minuman bersoda ini.

Ketika kita mendadak sangat ingin makan makanan yang berlemak dan meneguk minuman bersoda ini sebenarnya tubuh kita menyampaikan bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan zat Kalsium.

Untuk mendapat Kalsium secara optimal, kita bisa ganti makanan berlemak tadi menjadi makanan tinggi kalsium seperti brokoli, keju, daun kale dan makanan tinggi kalsium yang lainnya. Sedangkan untuk minuman bersoda dapat diganti dengan susu murni dan konsumsi air putih yang cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Pembahasan lebih lanjut mengenai Makan Berlebihan Tanda Kurang Nutrisi yaitu tentang makanan asin dan suka makan tapi tidak suka minum bisa Anda baca di halaman berikutnya

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: makan berlebihan tanda kurang nutrisi

Share informasi tentang Makan Berlebihan Tanda Kurang Nutrisi ini bila bermanfaat.

Author: 
    Kontributor Meliaindo Ponorogo Jawa Timur

    Related Post "Makan Berlebihan Tanda Kurang Nutrisi"

    Makan Berlebihan Karena Emosi? Inilah Penyebab Dan Tips Untuk Mengatasinya
    Meliaindo.com - Apakah Anda pernah merasakan stres

    Leave a reply "Makan Berlebihan Tanda Kurang Nutrisi"