Makanan Pencegah munculnya jerawat

Dari pada sibuk mengobati, lebih baik mencegah munculnya jerawat dengan menyantap makanan yang tepat.

Jerawat memang bukan hal yang menyenangkan bagi siapapun, baik pria maupun wanita. Bagi wanita, jerawat biasanya muncul ketika akan, saat, dan setelah menstruasi. Dan, jerawat akan membuat muka terlihat kotor dan kusam. Jerawat akan muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit atau keratinisasi.

Regenerasi kulit yang tidak sempurna itu menyebabakan sel kulit lama mempertahankan diri dengan mengunci kelenjar minyak dan pori-pori, yang juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein di bawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa banyak cara untuk menghindari timbulnya jerawat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Walaupun makanan sehat hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25 persen saja, dan sisanya adalah karena faktor hormone, stres, pola tidur, lingkungan dan bagaimana seseorang merawat diri, namun tetap saja makanan dapat mempengaruhi.

Beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk Anda konsumsi dalam mencegah timbulnya jerawat, antara lain:

  • Zinc

Pada beberapa orang yang berjerawat, ditemukan bahwa orang tersebut hanya memiliki kadar mineral zinc yang lebih rendah dibandingkan yang tidak berjerawat. Zinc dapat membantu mencegah jerawat dengan mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc banyak terkandung di dalam kalkun, kacang almon, dan gandum.

  • Selenium

Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, misalnya saja gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah.

  • Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk membantu regenerasi sel kulit. Dan, vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Hati-hati dalam mengkonsumsi suplemen tambahan, karena konsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.

  • Omega

Mengonsumsi omega juga akan menghindari Anda dari serangan jerawat yang menyebalkan. Omega berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Dengan banyak mengonsumsi ikan salmon, ikan sardine, kenari, biji bunga matahari dan kacang almond.

Makanan Pencegah munculnya jerawat

Makanan Pencegah munculnya jerawat (Ilustrasi/Thinkstock)

  • Gula

Salah satu kandungan yang dapat mencegah jerawat adalah gula. Anda dapat mengonsumsi gula yang banyak terdapat pada roti putih, kentang, minuman dan camilan.

  • Vitamin C dan E

Konsumsilah sumber vitamin C alami, seperti jeruk, lemon, pepaya dan tomat. Atau vitamin E pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.

  • Air putih

Selain mencegah dehidrasi, air dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang menyebabkan masalah kulit, membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.

  • Susu

Susu mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit). (Meetdoctor.com)

Demikianlah artikel mengenai Makanan Pencegah munculnya jerawat semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: mencegah jerawat

Share informasi tentang Makanan Pencegah munculnya jerawat ini bila bermanfaat.

No related post!

Leave a reply "Makanan Pencegah munculnya jerawat"