Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen

Kolagen sudah sering dilihat dan didengar, protein ini merupakan protein yang paling banyak dalam tubuh kita, protein ini ditemukan pada kulit dan jaringan ikat lainnya. Tubuh kita secara alami membuat kolagen, tapi seiring dengan pertambahan usia, maka produksi kolagen juga menurun. Penurunan kolagen bisa mengakibatkan hilangnya elastisitas dan struktur di seluruh tubuh (seperti kulit keriput). Sehingga muncullah ide dari iklan bahwa jika Anda mengonsumsi lebih banyak kolagen, maka Anda dapat mencegah kulit keriput. (Baca juga: 6 Tips Perawatan Kulit Alami). Kali ini kita tidak akan bicara mengenai suplemen, yang diperlukan ialah diet seimbang yang kaya protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran mengandung nutrisi kolagen sintesis yang dibutuhkan tubuh. Makanan sehat memiliki berbagai nutrisi yang bekerja sama untuk mendorong produksi kolagen dan melindunginya dari kerusakan akibat kerusakan lingkungan. Berikut ini Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen

  • Paprika merah

Vitamin C sangat penting untuk persediaan kolagen yang sehat, dan vitamin ini banyak terkandung dalam paprika merah. Vitamin C merupakan antioksidan yang mempromosikan sintesis kolagen. Dengan tidak adanya makanan kaya vitamin C, tubuh tidak dapat menghasilkan kolagen secara efektif. ½ cangkir paprika merah mentah mengandung 158% dosis harian vitamin C kita dengan 95 mg per sajian. Sumber vitamin C lainnya yang bagus termasuk jeruk bali, buah kiwi, paprika hijau, brokoli, stroberi, mentimun dan jeruk.

  • Tomat
Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen

Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen

Tomat mengandung lycopene antioksidan yang tinggi, tomat dapat membantu melindungi suplai kolagen dari kerusakan lingkungan. Salah satu penyebab kita kehilangan kolagen ialah seiring bertambahnya usia, sehingga produksi kolagen berkurang, Selain itu juga disebabkan oleh polutan dan radiasi ultraviolet. Kerusakan ini mempercepat pemecahan kolagen. Lycopene dapat membantu melindungi kulit dan menjaga kadar kolagen. Likopen juga ditemukan pada sayuran merah dan oranye lainnya, seperti semangka dan jeruk bali merah muda. Baca juga: Manfaat tomat untuk wajah.

  • Ikan salmon

Salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 sehat yang sangat baik, yang dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan kolagen yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak sintesis kolagen dan meningkatkan peradangan pada kulit. Mengonsumsi asam lemak omega-3, yang paling banyak terdapat pada makanan laut, sangat membantu melawan peradangan dan melindungi kolagen. Sumber asam lemak omega 3 lain yang baik ialah alpukat, kenari, dan biji chia.

  • Ubi jalar.

Dengan hanya mengonsumsi satu buah ubi jalar panggang, Anda bisa mendapatkan enam kali lipat nilai harian Vitamin A yang dibutuhkan tubuh, dan menjaga agar kulit dan persendian tetap sehat.  Vitamin A membantu Anda memproduksi lebih banyak kolagen. Vitamin A juga mendukung pertumbuhan sel, dan memainkan peran penting dalam pembentukan dan pelestarian organ tubuh (terutama kulit). Selain ubi jalar, vitamin A juga ditemukan pada wortel, blewah, mangga, dan aprikot.

  • Kalkun

Asam amino esensial banyak terlibat dalam memproduksi kolagen. Untuk itu, penting untuk mengonsumsi cukup protein yang terbuat dari asam amino. Kalkun merupakan sumber protein dan lisin yang baik, lisin merupakan salah satu asam amino utama yang memudahkan produksi kolagen. Tiga asam amino yang paling umum terlibat dalam sintesis kolagen ialah prolin, glisin, dan lisin. Lysine merupakan asam amino esensial, yang berarti tubuh kita tidak dapat mensintesisnya secara alami, jadi kita perlu mendapatkannya dari produk makanan. Kalkun juga kaya akan kolin, yang diubah menjadi glisin untuk memproduksi kolagen. Jika Anda vegetarian, Anda bisa mendapatkan lisin dari sumber non-hewani seperti kedelai, terutama tahu dan kacang mete.

  • Telur

Kuning telur kaya akan kolin, vitamin B, yang diubah menjadi glisin, salah satu asam amino yang terlibat dalam produksi kolagen. Karena itu, mengkonsumsi makanan kaya kolin dapat membantu pembentukan kolagen. Banyak orang khawatir makan telur bisa menyebabkan kolesterol. Orang sehat bisa makan sampai 300 mg kolesterol per hari, dan mereka yang menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung bisa mengonsumsi hingga 200 mg; Satu telur besar mengandung sekitar 187 mg kolesterol. Buncis, kalkun, salmon, dan kembang kol juga merupakan sumber kolin yang baik.

Saran: Sebaiknya makanlah telur secara utuh.

  • Biji bunga matahari

Satu ons biji bunga matahari panggang kering yang mengandung 37% vitamin E harian yang dibutuhksn. Seperti antioksidan lainnya, vitamin E diperkirakan membantu melawan radikal bebas, sehingga kemungkinan dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan itu bisa menyebabkan keriput dan kulit kendur. Sumber vitamin E lain yang baik termasuk minyak biji gandum, kacang almond, hazelnut, dan selai kacang.

Demikianlah Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, semoga bermanfaat. Jangan lupa membaca juga artikel kami tentang 7 Kebiasaan Buruk yang Memicu Penuaan Kulit.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: makanan sehat makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen

Share informasi tentang Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing

Related Post "Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen"

6 Makanan tinggi karbohidrat PALING BERBAHAYA
Diet rendah atau tanpa karbohidrat telah populer

Leave a reply "Makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen"