Mengenal Apa itu Jerawat

Mengenal Apa itu Jerawat – Penyakit kulit pada bagian wajah yang membuat kaum hawa merasa kesal karena kehadirannya. Penyakit ini sering muncul di kulit wajah dan punggung. Sebenarnya tidak hanya wanita saja yang mengalami masalah dengan penyakit ini tetapi para pria juga mengalaminya. Penyakit ini biasa dikenal dengan jerawat. Dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Acne Vulgaris. Sebelum mengetahui apa pengobatan yang bagus dan cara pencegahan yang terbaik untuk menangani permasalahan jerawat, kita harus tahu terlebih dulu apa yang disebut jerawat dan apa penyebab yang memicu timbulnya jerawat.

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga mengakibatkan kantung nanah yang meradang. Menurut Kligmann seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, bahwa tak ada satu orang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Jadi bisa disimpulkan, jika seluruh manusia pernah mengalami penyakit kulit ini pada dirinya.

Penyebab Jerawat

Mengenal Jerawat

Mengenal Jerawat (Ilustrasi/flickr)

Perubahan hormon juga merupakan pemicu timbulnya permasalahan pada kulit yang menyebabkan jerawat. Peningkatan kadar minyak pada kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Perubahan-perubahan hormon lainnya yang dapat menjadi pemicu jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Pendapat lain juga mengatakan jerawat akan mulai muncul pada masa pubertas, yaitu dimana masa peralihan dari anak-anak menjelang dewasa. Masa ini biasa disebut dengan masa remaja. Menurut peneliti, jerawat disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini disebut Propionibacterium acnes (P-acnes), bakteri ini ditemukan pada permukaan kulit orang dewasa. Bakteri yang hidup dalam kelenjar dan sekresi minyak hingga di dalam folikel rambut. Tingginya tingkat stres yang dialami juga merupakan pemicu yang besar untuk jerawat.

Beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat adalah sebagai berikut :

  • Faktor menstruasi. Biasanya jerawat akan muncul pada beberapa hari sebelum masa menstruasi. Itulah penyebabnya jerawat dijadikan sebagai penanda bagi wanita yang akan datang bulan. Tetapi beberapa orang menyebutkan jika jerawat muncul pada saat selesai menstruasi dan juga ada yang berpendapat jerawat muncul pada saat dalam masa menstruasi.
  • Masa pubertas. Masa ini terdapat pada rentang usia 13-17 tahun biasanya disebut dengan masa remaja. Jerawat akan sangat sering sekali timbul pada kulit wajah remaja pada usia tersebut.
  • Kadar minyak yang tinggi. Jerawat juga bisa muncul karena kandungan minyak yang tinggi pada kulit sehingga menyebabkan permasalahan. Kulit yang berminyak menyebabkan kotoran dengan mudah menempel.
  • Stres. Terlalu banyak beban pikiran yang membuat kita berpikir terlalu keras, sehingga menimbulkan stres yang berefek pada munculnya jerawat yang mengganggu penampilan kita sehari-hari.
  • Mengonsumsi makanan berlemak. Asupan makanan yang setiap harinya kita konsumsi juga menjadi faktor munculnya jerawat. Kebanyakan makanan yang menjadi faktor penyebab munculnya jerawat yaitu makanan yang mengandung minyak dan berlemak seperti goreng-gorengan, daging, bakso, coklat, dan kacang-kacangan.
  • Penggunaan kosmetik. Wanita sangat suka sekali mengganti-ganti pemakaian produk kosmetik. Beberapa keterangan wanita pengguna kosmetik mengatakan bahwa ada produk kecantikan yang malah membuat jerawat lebih banyak muncul dari biasanya.
  • Jarang membersihkan kulit wajah. Setelah beraktifitas seharian dan terkena sinar matahari, serta banyaknya debu dan kotoran-kotoran lain yang menempel di kulit wajah akan membuat wajah berjerawat dan kusam. Pentingnya membersihkan wajah selepas beraktifitas seharian akan terus menjaga kesehatan kulit wajah dan menghindari timbulnya jerawat. Tidak hanya jerawat saja yang akan muncul tetapi penuaan dini dan kulit wajah yang kusam akan menjadi masalah yang lainnya saat kulit wajah tidak dibersihkan.

Banyak penyebab-penyebab lainnya yang memicu munculnya jerawat. Sebenarnya jerawat tidak hanya pada kulit wajah tetapi juga banyak tumbuh di kulit punggung. Area punggung merupakan area yang susah sekali dibersihkan saat mandi. Bukankah begitu? Rata-rata banyak orang yang menderita jerawat di daerah punggung. Sebenarnya karena kurang menjaga kebersihan, berhubung area punggung adalah area yang sulit untuk dibersihkan jadi orang lebih banyak mengabaikannya. Jerawat yang sangat menjadi masalah adalah jerawat yang muncul di kulit wajah. Kenapa tidak, hal itu sungguh mengganggu penampilan apalagi bagi kaum hawa yang mementingkan penampilan.

Hingga saat ini belum dapat ditemukan dengan pasti obat yang benar-benar bisa membuat jerawat hilang dengan cepat dan menjamin tidak akan muncul kembali. Memang sangat banyak sekali saat ini produk-produk yang menawarkan obat untuk menghilangkan dan mengobati jerawat. Sayangnya produk-produk saat ini hanya bertahan sementara waktu dan banyak yang bersifat ketergantungan. Maksud dari bersifat ketergantungan adalah produk yang digunakan hanya berpengaruh pada saat digunakan saja, akan tetapi saat kita sudah menghentikan pemakaian produk tersebut jerawat akan muncul kembali dan tidak jarang jerawat yang timbul lebih banyak dari yang sebelumnya.

Jadi untuk kita yang memiliki masalah dengan jerawat dapat mencegah dan mengobatinya dengan cara mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Seperti yang sudah kita bahas di atas, ada beberapa faktor penyebab munculnya jerawat. Jadi kita harus menjaga kebersihan kulit, apalagi kulit wajah yang sering kali tempat jerawat timbul. Membersihkan wajah saat selesai beraktifitas dan sesering mungkin mencuci wajah dengan air bersih akan menjauhkan kita dari permasalahan dengan jerawat. Memilih kosmetik yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kita juga akan menjadi pengaruh untuk mencegah jerawat. Tidak hanya itu mulai sekarang jagalah pola makan serta kurangi makanan yang mengandung lemak dan berminyak. Kesimpulannya kita bisa mencegah dan mengatasi secara dini permasalahan tentang jerawat ini yang dimulai dari diri kita sendiri merawat dan menjaga kebersihan kulit.

Demikianlah Mengenal Apa itu Jerawat, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- bahasa latin jerawat - bahaaa yunani penyakit jerawat - bahasa yunani jerawat - istilah latin penyakit jerawat - Jerawat bahasa latin


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: pengertian jerawat penyebab jerawat

Share informasi tentang Mengenal Apa itu Jerawat ini bila bermanfaat.

Author: 

    Related Post "Mengenal Apa itu Jerawat"

    Penyebab jerawat yang tak diduga
    Penyebab jerawat yang tak diduga - Ada
    5 Kebiasaan penyebab munculnya jerawat
    Tahukah Anda bahwa Membersihkan wjah lebih dari

    Leave a reply "Mengenal Apa itu Jerawat"