Apakah menggosok gigi dengan arang itu AMAN?

5/5 (1)

Saya teringat waktu kecil, saya biasa menggunakan arang untuk menggosok gigi. Arang yang telah ditumbuk halus itulah yang kemudian saya gunakan menggosok gigi. Telah lama arang digunakan sebagai pembersih gigi, dan kini pasta gigi yang mengandung arang aktif telah banyak beredar di pasaran. Nah, apakah menggosok gigi dengan arang itu AMAN?

Telah banyak dibahas di blog-blog, bahwa arang aktif dapat dijadikan sebagai alternatif alami yang baik sebagai peroksida untuk memutihkan gigi. Arang dianggap menyerap dan menghilangkan noda yang disebabkan oleh makanan seperti anggur merah, kopi dan teh.

Apakah arang bisa benar-benar membersihkan gigi?

Menggosok gigi dengan arang

Menggosok gigi dengan arang

Bahan yang biasanya terbuat dari arang tulang, batok kelapa, gambut, batubara, biji zaitun atau serbuk gergaji dikenal karena kemampuannya menyerap kotoran. Bahan-bahan ini seperti magnet yang menarik racun, itulah mengapa  digunakan dalam sistem penyaringan air dan untuk mengobati overdosis obat dan keracunan makanan. Nah, apakah karena dasar tersebut sehingga digunakan sebagai pembersih gigi dan benar-benar akan bekerja?

Baca juga: 6 Kesalahan Menggosok Gigi Yang Sangat Sering Kita Lakukan.

Yang perlu dipertimbangkan sebelum mencoba pasta gigi arang

Arang aktif memiliki banyak manfaat kesehatan karena kemampuannya untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Namun setiap orang perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum mencoba menggunakan arang untuk memutihkan gigi mereka.

  1. Jika Anda ingin menggunakannya, pastikan bubuknya benar-benar halus sehingga tidak terlalu keras pada gigi.
  2. Sebaiknya pasta gigi arang tidak digunakan setiap hari, tapi sebulan sekali saja, karena sifatnya yang kasar.
  3. Yang paling penting ialah sebaiknya berkonsultasi kepada  dokter gigi sebelum menggunakan produk arang aktif, karena mulut setiap orang berbeda, jadi instruksi pemakaian harus disesuaikan untuk setiap orang.

Efek negatif pasta gigi arang

Menurut Dr. Timothy Chase dan rekannya, dokter gigi kosmetik di SmilesNY, mengatakan bahwa menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi dapat berpotensi menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan, karena belum ada satu penelitian pun yang dilakukan yang menunjukkan bahwa menggunakan produk arang untuk perawatan kesehatan mulut benar-benar baik untuk gigi.

Menggunakan arang terlalu sering atau keliru, maka akan menyebabkan terkikisnya enamel gigi, dan jika gigi terkikis, maka tidak akan tumbuh lagi.

Menggunakan sesuatu yang abrasif seperti arang untuk membersihkan noda di permukaan gigi dapat membuat gigi terlihat lebih putih dalam jangka pendek, namun menipiskan email gigi yang dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas dan peningkatan kerentanan terhadap kerusakan gigi.

Tahun 2017 lalu, sebuah artikel di Journal of American Dental Association menyimpulkan bahwa ada data klinis dan laboratorium yang tidak mencukupi untuk memperkuat klaim keamanan dan kemanjuran arang dan pasta gigi berbasis arang. Artikel tersebut juga menyatakan bahwa masih perlu lebih banyak penelitian untuk membuktikan apakah arang benar-benar aman untuk perawatan mulut.

Untuk itu, jika ingin gigi lebih putih, sebaiknya menggunakan pasta gigi berbahan dasar fluoride, atau jika punya dana berlebih,datang ke dokter gigi.

Produk pemutih yang berbasis peroksida yang bisa didapatkan dari dokter gigi telah terbukti bekerja dengan sangat baik, relatif murah dan sangat aman, dan cenderung berhasil.

Demikianlah artikel mengenai Apakah menggosok gigi dengan arang itu AMAN? Semoga bermanfaat. Jadi kesimpulannya, jika ingin memutihkan gigi, sebaiknya menggunakan pasta gigi berbahan dasar fluoride, atau konsultasikan dengan dokter gigi untuk hasil yang lebih baik.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: gigi dan mulut menggosok gigi dengan arang

Share informasi tentang Apakah menggosok gigi dengan arang itu AMAN? ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing
No related post!

Comments are closed.