15 Penyebab susah tidur pada orang tua

5/5 (3)

Bagi kebanyakan orang yang berusia di atas 65 tahun, jarang yang tidur nyenyak karena insomnia. Masalah tidur sering dialami orang dewasa, termasuk bangun pagi, tidur lebih lama, dan sering terbangun di malam hari. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab susah tidur pada orang tua di malam hari.

Penyebab susah tidur pada orang tua

  • Pertambahan berat badan

Tidak dapat dihindari, seiring pertambahan usia, metabolisme tubuh melambat, dan jika disertai dengan tidak berolahraga dan makan dengan benar, maka berat badan akan bertambah. Pertambahan berat badan sering dikaitkan dengan gangguan tidur seperti apnea. Baca juga: Cara tidur yang dapat menurunkan berat badan.

  • Sleep apnea

Kondisi umum ini terjadi ketika saluran udara bagian atas terhambat selama tidur dan menghentikan aliran udara. Kelebihan berat badan, usia lebih dari 40, dan laki-laki berisiko mengalami sindrom tidur yang mengganggu ini. Stop jantung dan kematian mendadak merupakan akibatnya jika tidak diobati. Baca juga: Cara Ampuh Meredakan Penyakit Sleep Apnea.

  • Menopause

Wanita menopause dan pasca menopause dilaporkan mengalami  kurang puas dalam hal tidur mereka dan sebanyak 61 persen dari mereka dilaporkan mengalami insomnia.

  • Masalah pro**stat

Saat pria mengalami penuaan, kelenjar pro**stat mereka sering membesar. Salah satu gejala umum dari kondisi ini, yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia, ialah peningkatan frekuensi buang air kecil di malam hari. Membatasi asupan cairan sebelum tidur dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, dan menghindari diuretik, seperti minuman berkafein dan makanan seperti coklat.

  • Mendengkur
Penyebab susah tidur pada orang tua

Penyebab susah tidur pada orang tua

Mendengkur bisa dialami oleh siapa saja dan itu lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Hilangnya tonus otot di tenggorokan, timbunan lemak di sekitar leher, dan penyempitan tenggorokan menyebabkan sempitnya ruang dalam saluran napas. Baca juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur saat Terlelap Tidur.

  • Masalah jantung

Seiring bertambahnya usia, otot jantung kita menjadi aus sehingga menyebabkan masalah jantung. Ada hubungan antara insomnia dan gagal jantung kronis. Nyeri dada dapat membuat sulit untuk rileks, tertidur, dan tetap tertidur. Akibatnya, gagal jantung kronis dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan tidur. Konsumsi 10 Makanan Yang Membuat Jantung Anda Sehat.

  • Perubahan ritme sirkadian

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk mencapai tidur nyenyak terbatas. Ini menjadi salah satu alasan mengapa orang yang lebih tua menghabiskan lebih sedikit waktu di tempat tidur. Fungsi sirkadian menurun seiring dengan penuaan. Ritme sirkadian diumpamakan sebagai jam dinamis – ritme yang selalu berubah dalam perilaku, fisiologi, dan metabolisme kita. Pola-pola dalam ritme ini berubah seiring dengan bertambahnya usia sehingga semakin sulit untuk tidur.

  • GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) menyebabkan gangguan tidur, tetapi kurang tidur juga membuat GERD memburuk. Dan tidak disarankan untuk berbaring ketika Anda mengalami GERD. Dokter menyarankan membatasi asupan makanan setelah jam 7 malam.

  • Masalah kebisingan

Karena kebisingan cenderung mengganggu tidur. Alarm mobil, anjing menggonggong, bahkan orang yang berbicara bisa mengganggu.

  • Obat-obatan

Selalu periksakan diri ke dokter sebelum memulai pengobatan apa pun dan pelajari tentang kemungkinan efek samping dari obat-obatan baru, terutama jika obat itu diketahui menyebabkan insomnia.

  • Kurang terpapar sinar matahari

Orang-orang yang lebih tua sering tidak mendapatkan cukup cahaya alami, luar ruangan dan sinar matahari. Ini dapat menyebabkan istirahat dalam ritme sirkadian, sehingga menyebabkan tidur malam yang tidak nyenyak. Hal ini terutama dapat terjadi pada mereka yang memiliki mobilitas terbatas atau sedikit akses ke luar ruangan. Jika gerakan Anda terbatas pada tempat tidur atau kursi roda atau tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang Anda butuhkan, Anda mungkin memerlukan terapi cahaya sebagai cara untuk mengatur jam tidur internal tubuh Anda.

  • Depresi
Penyebab susah tidur pada orang tua - Depresi

Depresi merupakan salah satu penyebab susah tidur pada orang tua

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak tertentu mungkin menurun. Kemampuan kognitif kita berkurang, yang dapat mempengaruhi psikologis dan emosional orang tua. Depresi sering menjadi faktor dalam masalah tidur dan harus diatasi. Jika Anda mengalami depresi, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

  • Syndrom kaki gelisah (Restless Legs Syndrome)

Sindrom kaki gelisah, juga dikenal sebagai Willis-Ekbom Disease, yang biasa menyerang orang-orang berusia 50 Ini merupakan kondisi neurologis yang menyebabkan orang dengan tidak terkontrol ingin menggerak-gerakkan kaki yang menyebabkannya menjadi kelelahan. Diperkirakan penyebabnya mungkin terkait dengan kadar zat besi yang rendah dan bagaimana zat besi mempengaruhi tingkat dopamin pada otak. Dokter menyarankan untuk membatasi cahaya terang satu jam sebelum tidur, mandi air hangat, dan minum teh chamomile sebagai pilihan bebas obat untuk membantu meredakan gejala ini.

  • Hilangnya thermoregulation

Semakin sulit untuk tetap merasa hangat saat kita bertambah tua. Itu karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan dan mengatur suhu intinya. Hali ini dapat menyebabkan gangguan tidur.

  • Masalah pada kasur

Sakit dan nyeri, terutama nyeri sendi, dapat menyebabkan gangguan tidur. Jika Anda menderita nyeri sendi, radang sendi atau jenis ketegangan lain yang mengganggu tidur Anda, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk mengganti kasur baru.

Demikianlah Penyebab susah tidur pada orang tua, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: gangguan tidur penyebab susah tidur pada orang tua

Share informasi tentang 15 Penyebab susah tidur pada orang tua ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing

Related Post "15 Penyebab susah tidur pada orang tua"

Efek samping begadang
Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah tidur terlalu

Leave a reply "15 Penyebab susah tidur pada orang tua"