Tanda Tanda Penyakit Jantung

5/5 (1)

Jantung sangat berperan dalam kehidupan manusia, meskipun secara fisik kita tidak dapat melihat kinerja jantung tersebut. Kematian akibat penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian pria di Indonesia. Pentingnya menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang harus diperhatikan.

Tanda Tanda Penyakit Jantung yang tidak biasa

Lipatan pada daun Telinga.

Salah satu indikator eksternal seperti lipatan diagonal pada daun telinga – yang dikenal sebagai tanda Frank, yang disebut Sanders Frank, seorang dokter Amerika yang pertama kali menggambarkan tanda tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara lipatan eksternal yang terlihat pada daun telinga dengan peningkatan risiko aterosklerosis, penyakit di mana plak menumpuk di dalam arteri.

Lebih dari 40 penelitian telah menunjukkan hubungan antara lipatan telinga ini dengan peningkatan risiko aterosklerosis. Tidak jelas apa penyebabnya, tetapi beberapa orang telah menyatakan bahwa hal itu harus dilakukan dengan asal embriologis bersama. Baru-baru ini, telah terlihat bahwa lipatan ini juga terlibat dalam penyakit serebrovaskular, penyakit pembuluh darah di otak.

Gumpalan lemak.

Tanda Tanda Penyakit Jantung

Xanthomas merupakan salah satu Tanda Tanda Penyakit Jantung (By Min.neel [CC BY-SA 3.0 ], from Wikimedia Commons)

Indikator eksternal lain dari masalah jantung ialah gumpalan lemak, yang dikenal secara klinis sebagai “xanthomas”, yang biasanya muncul pada siku, lutut, pantat atau kelopak mata. Benjolan itu sendiri tidak berbahaya, tetapi itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar.

Xanthoma paling sering terlihat pada orang yang mengalami penyakit genetik yang disebut familial hypercholesterolemia. Orang dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah yang sangat tinggi,  yang disebut “kolesterol jahat”. Kadar kolesterol ini sangat tinggi sehingga terdeposit di kulit. Sayangnya, endapan lemak ini juga terletak pada arteri yang memasok jantung.

Kuku jari tangan

Tanda Tanda Penyakit Jantung - Clubbed fingernails

Clubbed fingernails merupakan salah satu Tanda Tanda Penyakit Jantung (By Sidsandyy [GFDL or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)

Sebuah fenomena yang dikenal sebagai clubbing digital juga bisa menjadi pertanda bahwa jantung Anda sedang tidak baik. Kuku berubah bentuk menjadi lebih tebal dan lebar, karena lebih banyak jaringan yang diproduksi. Perubahan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan terjadi pada kedua tangan.
Alasan perubahan ini menunjukkan masalah jantung karena darah yang mengandung oksigen tidak mencapai jari dengan benar sehingga sel menghasilkan “faktor” yang mendorong pertumbuhan untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

Clubbing of the fingers merupakan gejala medis tertua yang telah diketahui. Gejala ini pertama kali dijelaskan oleh Hippocrates pada abad ke-5 SM. Inilah sebabnya mengapa jari-jari ini kadang dikenal sebagai jari-jari Hipokrates.

Halo di sekitar iris

Tanda Tanda Penyakit Jantung - Arcus Senilis

Arcus Senilis merupakan salah satu Tanda Tanda Penyakit Jantung (By Afrodriguezg [CC BY-SA 4.0], from Wikimedia Commons)

Endapan lemak juga dapat dilihat pada mata, terlihat sebagai cincin kelabu di sekitar bagian luar iris, bagian mata yang berwarna. Ini disebut “arcus senilis”, bermula di bagian atas dan bawah iris sebelum membentuk cincin lengkap. Itu tidak mengganggu penglihatan. Sekitar 45% orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki halo lemak di sekitar iris mereka, yang meningkat menjadi sekitar 70% pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Kehadiran cincin berlemak ini telah terbukti berhubungan dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung koroner.

Gusi busuk dan gigi goyang

Keadaan kesehatan mulut  juga dapat menjadi prediktor yang baik bagi keadaan kesehatan kardiovaskular Anda. Mulut penuh dengan bakteri baik dan jahat. Bakteri “jahat” dapat memasuki aliran darah dari mulut dan menyebabkan peradangan di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.
Penelitian telah menunjukkan bahwa kehilangan gigi dan gusi yang meradang (periodontitis) merupakan pertanda penyakit jantung.

Bibir biru

Indikator kesehatan lain dari mulut ialah warna bibir. Bibir biasanya berwarna merah, tetapi mereka dapat menjadi warna kebiruan (sianosis) pada orang yang mempunyai masalah jantung, karena kegagalan sistem kardiovaskular untuk mengantarkan darah beroksigen ke jaringan. Orang-orang juga mengalami bibir biru jika mereka kedinginan atau berada di ketinggian. Dalam hal ini, bibir berwarna biru mungkin hanya karena kekurangan oksigen sementara dan akan kembali seperti sedia kala dalam waktu singkat.

Baca juga: Perbedaan Gejala Serangan Jantung Pria dan Wanita.

Demikianlah Tanda Tanda Penyakit Jantung yang tidak biasa. Meskipun tanda-tanda tersebut tidak berbahaya, namun jika Anda khawatir atau ragu, Anda harus menghubungi dokter umum atau profesional perawatan kesehatan lainnya untuk mendapatkan diagnosa atau pemeriksaan yang lebih akurat.

data-ad-format="link">


HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga


BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA

Peluang bisnis dengan modal sekali seumur hidup, bonus dibayar harian, dan minimal POTENSI penghasilan Rp. 175.000,- per hari per titik usaha. Website ini dilengkapi dengan sistem pendaftaran dan follow up otomatis yang jarang dimiliki oleh pelaku MLM di Indonesia. Jangan tunda waktu Anda, bergabunglah dengan kami SEKARANG JUGA menjadi distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS). Baca Keuntungan Menjadi Distributor Melia Sehat Sejahtera (MSS)


Tags: penyakit jantung

Share informasi tentang Tanda Tanda Penyakit Jantung ini bila bermanfaat.

Author: 
Blogger, network marketing

Related Post "Tanda Tanda Penyakit Jantung"

Konsumsi Gula Berlebihan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA - Studi baru
Nyeri Dada Gejala Penyakit Jantung | Artikel Propolis
Mungkin Anda masih ingat dengan komedian Ade
Propolis: Wanita Perokok Lebih Beresiko Sakit Jantung
Artikel ini kami kutip dari Harian Ujung

Comments are closed.