Ubah Kebiasaan Cegah Diabetes Pada Anak - BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA | Agen Propolis ASLI

BISNIS MELIA SEHAT SEJAHTERA – Sayang anak justru tidak bisa diterapkan dengan ’’mencekoki’’ buah hati dengan aneka penganan dan jajanan. Salah-salah, anak justru bisa rawan terkena diabetes pada usia dini.

Itu diungkapkan Dr Hans Tendra SpPD KEMD PhD. Spesialis penyakit dalam dan pakar diabetes tersebut mengungkapkan bahwa diabetes pada usia dini kian meningkat. Yang marak adalah diabetes melitus tipe 2. ’’Pada tipe itu, kemampuan pankreas baik. Tapi, kualitas insulin menurun,’’ katanya.

Padahal, insulin adalah kunci untuk mengatur masuknya glukosa ke dalam sel tubuh. Hormon yang dihasilkan pankreas itu juga menjaga metabolisme glukosa agar tetap normal. Namun, insulin yang buruk tidak bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Glukosa yang tinggi memang terdapat dalam aneka jajan. Misalnya, kue, roti, dan berbagai jenis es. Tapi, salah kalau orang mengira bahwa hanya jajan jenis tersebut yang berbahaya. Sebab, makanan berkabohidrat juga mengandung gula. Oleh tubuh, karbohidrat itu justru akan dipecah menjadi glukosa.

Karena itu, anggapan bahwa hanya makanan manis yang bisa mencetuskan diabetes keliru. Bila anak dibiarkan melahap makanan karbohidrat terus-menerus, insulin sulit menurunkan kadar glukosa.

Itu dialami seorang anak warga Kutisari. Usianya baru dua tahun. Tapi, beratnya sudah 15 kilogram. Dia gemar menyantap mi instan, tapi tidak doyan sayur.

Bila makanan itu tidak dituruti, sang anak bakalmenangis. Kasihan melihat buah hatinya merajuk, si ibu pun menuruti permintaan tersebut. Menurut Hans, hal itu malah membikin tubuh si anak makin besar dan memicu diabetes. ”Sekitar 90 persen anak pasien diabetes bertubuh gemuk dan obesitas,” jelasnya.

Hans yang berdinas di National Hospitals Surabaya menegaskan, orang tua sering membiarkan anak makan sebelum tidur malam. ”Seharusnya, malam nggak boleh makan. Sebab, glukosa akan menumpuk dalam tubuh,” jelas Hans.

Namun, kenyataan itu susah dihindari. Ada kalanya tanpa sadar orang tua melakukan hal serupa. Dia mencontohkan pasien anak yang ditanganinya punya ritual keluarga yang keliru.

Ubah Kebiasaan Cegah Diabetes Pada Anak
Ubah Kebiasaan Cegah Diabetes Pada Anak (Foto Ilustrasi JPNN)

Orang tua sering mengajak anaknya jalan-jalan ke mal dan membelikan aneka makanan manis, tinggi karbohidrat, serta rendah serat. Tidak hanya itu, mereka juga tak lupa membawa oleh-oleh dari mal seperti roti untuk dimakan sebagai camilan saat nonton TV.

Hal-hal sederhana tersebut memang tampak tidak berbahaya. Namun, itu bisa menjadi bumerang yang membuat si buah hati menderita. Untuk itu, kata Hans, dirinya sering menganjurkan orang tua pasien untuk sering mengajak buah hati berolahraga dan stop makan bila hendak tidur.

Namun, yang terpenting, orang tua harus ikut mempraktikkan kebiasaan baik itu. ”Nggak bisa kita hanya nyuruh anak. Orang tua wajib ikut biar jadi contoh bagi buah hati,” sarannya. (Jawa Pos)

Demikianlah artikel mengenai Ubah Kebiasaan Cegah Diabetes Pada Anak, semoga bermanfaat.

HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga

Write a Comment

*