7 Masker Alami Penghilang Bekas Jerawat
Masker alami penghilang bekas jerawat (Gambar: Wikipedia)

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang tidak akan berhenti membuat masalah setelah jerawat yang membandel itu hilang. Karena, setelah butiran jerawat hilang, akan berganti dengan bekasnya yang juga tak kalah membingungkan. Bekas jerawat yang biasanya berwarna bintik kecoklatan, akan membekas begitu saja dan sulit untuk dihilangkan.

Masker alami penghilang bekas jerawat
Masker alami penghilang bekas jerawat (Gambar: Wikipedia)

Sebenarnya banyak cream penghilang bekas jerawat yang dijual di toko kosmetik. Namun kita tahu sendiri bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang banyak menghasilkan berbagai ragam tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kulit. Salah satunya ialah untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ada beberapa masker alami yang bisa kita buat untuk menghilangkan bekas jerawat membandel yang ada di wajah. Karena masker ini murni terbuat dari bahan alami, maka tidak ada efek sampingnya. Jika memang ada, mungkin hanya sedikit dan tidak begitu berpengaruh pada kulit.

1. Masker Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu buah yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan sejak jaman kerajaan dulu. Para putri keraton menggunakan bedak bengkoang sebagai bedak dingin untuk mendinginkan kulit selepas terkena paparan sinar matahari. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai bahan pemutih kulit alami untuk mencerahkan warna kulit yang agak gelap.

Pada jaman sekarangpun, bengkoang masih banyak dimanfaatkan untuk bahan utama pembuatan kosmetik perawatan kecantikan. Salah satunya ialah untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Jika ingin membuat sendiri, pembuatannya sangat mudah.
Caranya, ambil beberapa buah bengkoang yang telah tua. Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Setelah bersih, haluskan bengkoang dengan cara diparut. Kemudian peras airnya dan pisahkan dengan ampasnya. Diamkan air perasan bengkoang tersebut selama kurang lebih semalaman. Keesokan harinya, buang air dan sisakan endapan tepung bengkoang. Karena, tepung inilah yang akan kita gunakan sebagai masker.
Campurkan tepung bengkoang dengan sedikit air mawar. Lalu aplilasikan ke seluruh area wajah kecuali mata dan sekitar bibir. Biarkan hingga mengeras, lalu angkat dan bersihkan wajah seperti biasa. Untuk hasil yang maksimal, lakukan minimal seminggu 3 kali secara rutin.

2. Masker Nanas Dan Mentimun

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Kadar vitamin C nya yang tinggi membuat nanas banyak dikonsumsi sebagai buah untuk menjaga sistem imun tubuh. Namun tahukah kita? Bahwa nanas merupakan salah satu buah yang banyak digunakan sebagai masker untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.
Cara pembuatannya sangat mudah. Ambil 100 gram nanas dan 50 gram mentimun. Haluskan dengan cara diblender tanpa air. Setelah halus, campurkan 1 sendok makan madu dalam adonan ini. Lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit agar sari pati bisa meresap pada kulit dan membersihkan bekas jerawat. Kemudian angkat dan bersihkan wajah seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan rutin seminggu sekali.

3. Masker Mentimun Dan Susu Bubuk Putih

Ini juga salah satu masker yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari bekas jerawat. Cara pembuatannya sangatlah mudah. Ambil setengah buah mentimun yang berkualitas bagus. Lalu haluskan dengan cara diparut. Campurkan dengan susu bubuk putih hingga membentuk seperti pasta.
Sebelum mengaplikasikan masker ini, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air bersih dan hangat. Lalu aplikasikan masker ini pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah kembali dengan air mineral yang bersih. Agar hasilnya memuaskan, lakukan rutin seminggu 2 kali.

4. Masker Lidah Buaya Dan Madu

Jika di rumah kita ada tumbuhan lidah buaya, bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya sangat mudah. Ambil lidah buaya yang besar dan tua. Lalu kupas kulitnya dan sisakan gelnya saja. Gel inilah yang akan kita gunakan untuk masker. Haluskan gel lidah buaya dengan menggunakan blender. Setelah itu, campur dengan sedikit madu.
Aplikasikan masker gel lidah buaya tersebut pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir setelah sebelumnya wajah dibersihkan dengan air bersih terlebih dahulu. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, angkat dan bersihkan wajah seperti biasa. Lakukan rutin seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Masker gel lidah buaya ini tidak hanya akan membersihkan bekas jerawat saja. Namun juga bisa digunakan untuk mendinginkan kulit wajah.

5. Masker Jagung

Sejak jaman nenek moyang kita dulu, jagung biasa digunakan untuk menyamarkan noda hitam pada wajah. Oleh karena itu, bisa juga digunakan untuk memudarkan noda wajah akibat bekas jerawat. Caranya sangat mudah. Ambil satu buah jagung yang berkualitas bagus. Lalu serut dan haluskan dengan menggunakan blender.
Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker ini. Lalu aplikasikan masker jagung ini pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan, lakukan rutin mininmal seminggu 2-3 kali.

6. Masker Jeruk Lemon Dan Madu

Banyak yang mengatakan bahwa air perasan jeruk lemon sangat ampuh untuk mengusir jerawat yang membandel. Baik jerawat pasir, jerawat batu, maupun jerawat yang paling parah. Setelah jerawatnya sembuh, kita masih bisa menggunakan jeruk lemon ini untuk membersihkan bekas jerawatnya. Yaitu dengan mencampurkan air jeruk lemon dengan madu sehingga membentuk masker jeruk lemon dam madu.
Cara pembuatannya sangat mudah. Ambil setengah jeruk lemon, lalu peras airnya. Campur perasan air jeruk lemon ini dengan dua sendok makan madu alami. Lalu aplikasikan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dengan air bersih terlebih dahulu. Aplikasikan pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir selama kurang lebih 15 menit. Yang belum terbiasa mungkin akan terasa sedikit pedih. Namun itu hanya terasa pada pemakaian pertama sampai kedua saja. Pemakaian ketiga dan seterusnya, kulit wajah sudah bisa beradaptasi dan menyesuaikan. Sehingga rasa perih perlahan akan hilang. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan, gunakan masker lemon dan madu ini minimal seminggu 3 kali.

7. Masker Pepaya Dan Minyak Zaitun

Pepaya merupakan buah yang banyak mengandung vitamin A. Dalam dunia kecantikan, pepaya banyak digunakan untuk berbagai produk masker. Salah satunya ialah masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk hasil yang bagus, sebaiknya pilihlah pepaya yang berwarna jingga. Karena kadar vitaminnya lebih bagus daripada yang berwarna merah.
Ambil buah pepaya secukupnya, lalu haluskan dan campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada seluruh wajah dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, angkat dan bersihkan wajah seperti biasa. Lakukan rutin minimal seminggu 2 kali untuk hasil yang memuaskan.

HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga

GRATIS ONGKIR HARI INI SAJA

Leave a Reply

Close Menu