Jika Anda ragu ingin ketika harus ke rumah sakit karena masih pandemic, menggunakan Melia Propolis untuk telinga bernanah bisa menjadi cara alternatif untuk pertolongan pertama. Dengan begitu, masalah di telinga bisa teratasi tanpa harus mengambil resiko datang ke rumah sakit yang sedang penuh dengan pasien covid-19.

Telinga sakit, bernanah, dan mengeluarkan bau tidak sedap sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun yang paling sering terjadi di Indonesia ialah karena kondisi lingkungan yang kotor atau telinga jarang dibersihkan.

Sehingga terjadi infeksi bakteri di dalam telinga yang semakin memburuk karena kondisi telinga yang lembab dan tertutup.

Jika Anda sedang mengalami masalah yang sama, mari simak artikel ini sampai selesai agar tahu cara menggunakan Melia Propolis untuk telinga bernanah.

Penyebab Telinga Bernanah Pada Anak

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, telinga bernanah umumnya disebabkan karena infeksi bakteri di dalam telinga. Tepatnya infeksi tersebut terjadi di bagian tengah telinga bernama pipa eustache.

Pada anak usia di bawah 10 tahun, pipa eustache ini lebih pendek dan posisinya horizontal. Sehingga bakteri dan kuman yang menumpuk lebih cepat menginfeksi bila salah satu lubang pipa tersumbat.

Itulah mengapa, anak kecil lebih sering mengalami masalah ini dibandingkan orang dewasa.

Tersumbatnya lubang di pipa eustache juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:

1. Batuk dan Pilek

Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa telinga, hidung dan tenggorokan manusia tersambung dalam satu saluran yang sama. Sehingga, masalah pada hidung dan tenggorokan juga bisa memengaruhi kondisi telinga.

Umumnya anak-anak yang sering terserang pilek dan batuk berdahak lebih berisiko mengalami juga masalah telinga beranah ini. Karena sumbatan yang disebabkan oleh lendir hidung dan dahak membuat bakteri berpindah dari tenggorokan ke telinga dan mengendap di pipa eustache.

2. Luka Pada Telinga

Penyebab telinga bernanah yang berikutnya ini justru lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak-anak. Khusunya mereka yang suka menggaruk-garuk bagian dalam kuping atau tidak hati-hati ketika sedang membersihkan kuping.

Ketika Anda tanpa sengaja melukai pipa telinga, kuman dan bakteri akan bersarang di area luka tersebut. Kondisi telinga yang lembab dan cenderung kotor memudahkan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, sel darah putih akan membasmi kuman dan bakteri agar luka bisa segera sembuh. Sel darah putih yang mati itulah yang kemudian menjadi nanah.

3. Telinga Kotor

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, telinga kotor juga menjadi salah satu sarang bakteri yang bisa menyebabkan infeksi telinga. Anak-anak di bawah usia 10 tahun memang sangat sulit ketika harus dibersihkan telinganya.

Padahal jika dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan mengeras di dinding pipa eustache, menimbulkan luka, dan menyebabkan masalah telinga bernanah.

Cara Mengatasi Telinga Bernanah Pada Anak

Salah satu cara menyembuhkan telinga bernanah ialah dengan menggunakan Melia Propolis sebagai pembasmi bakteri.

Penggunaan Melia Propolis untuk telinga bernanah juga bisa membantu menyembuhkan luka yang ada di dalam telinga. Selain itu, menggunakan propolis ini tidak sakit sama sekali. Sebab Anda sebagai orang tua pasti menyadari bahwa anak akan jadi mudah menangis dan rewel ketika telinganya bermasalah.

Cara Penggunaan Melia Propolis untuk Telinga Bernanah

Ada 2 cara yang bisa dilakukan ketika ingin menggunakan Melia Propolis untuk telinga bernanah. Yaitu dengan diteteskan langsung ke telinga dan dengan cara diminum.

Yang pertama ialah dengan meneteskan langsung propolis ke telinga anak. Cukup teteskan 2 kali saja, kemudian tunggu sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih agar tidak ada serangga atau semut yang masuk saat anak tidur.

Propolis akan langsung melapisi bagian pipa eustache yang luka. Selain itu, kuman dan bakteri juga akan langsung mati ketika terkena propolis.

Jika Anda tidak ingin meneteskannya secara langsung, silahkan gunakan Melia Propolis untuk telinga bernanah dengan cara diminum. Baiknya, propolis ini diminum setiap sebelum makan dan sebelum tidur.

Kandungan di antibiotik di dalam propolis akan meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk memperkuat sel darah putih dalam darah. Dengan begitu, bakteri di telinga akan dimatikan secara alami oleh sel darah putih.

Cara Meredakan Sakit Akibat Telinga Bernanah

Ketika anak mengalami masalah telinga bernanah, umumnya ia akan merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini.

Kumpulan gejala tersebutlah yang menyebabkan anak jadi sering menangis, rewel dan kadang terlihat resah.

Oleh karena itu, Anda perlu segera meredakan gejala yang ia rasakan, khususnya meredakan rasa sakitnya.

Salah satu cara paling mudah ialah dengan mengompres telinga dengan kain hangat. Tapi perlu diperhatikan, kain tidak boleh basah atau masih meneteskan air. Jadi celupkan kain ke dalam air hangat, kemudian peras hingga air tidak menetes lagi.

Jika air panas tidak bisa meredakan nyeri, Anda bisa coba dengan air dingin. Sama seperti pada air hangat, kain kompres juga tidak boleh masih meneteskan air ke lubang telinga.

Mengunyah permen karet atau menguap juga bisa membantu meredakan rasa sakit ketika telinga bernanah karena tersumbat. Sebab sumbatan di pipa eustache bisa terbuka ketika kita menguap atau membuka mulut dengan lebar.

Terakhir, minum banyak air putih juga sangat membantu mempercepat penyembuhan masalah ini. Anak usia di bawah 10 tahun dianjurkan minum air putih minimal sebanyak 1,5 liter sehari.

Baca juga:

Baca juga:
Cara menghilangkan sakit telinga saat naik pesawat PADA ANAK

Apakah Bisa Menggunakan Melia Propolis untuk Telinga Tuli?

Telinga bernanah dan tuli sebenarnya 2 masalah yang berbeda. Umumnya, tuli disebabkan karena pecahnya gendang telinga dan tidak bisa terbentuk kembali. Telinga bernanah sendiri bisa menyebabkan rusaknya gendang telinga bila tidak segera diatasi.

Melia Propolis untuk telinga bernanah memang cukup efektif. Namun bila gendang telinga sudah rusak hingga menyebabkan gangguan pendengaran, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Beberapa kasus telinga tuli ada yang masih bisa disembuhkan. Baik melalui terapi, konsumsi obat, maupun dengan melakukan operasi.

Apakah Bisa Menggunakan Propolis untuk Telinga Berdenging?

Telinga berdenging bukanlah gejala dari telinga bernanah. Sebab telinga bernanah terjadi di telinga bagian tengah, sedangkan telinga berdenging umumnya berhubungan dengan organ telinga bagian dalam seperti rumah keong, gendang telinga, dan lain-lain.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, mual, dan seperti kehilangan keseimbangan, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan karena adanya masalah pada organ telinga dalam. Sedangkan propolis atau cairan apapun tidak bisa menjangkau bagian telinga tersebut tanpa alat khusus.

Jadi, kami tidak menyarankan Anda menggunakan Melia Propolis untuk masalah telinga berdenging sebelum mengetahui penyebabnya dengan jelas.

Akhir Kata

Jika tidak segera diatasi, nanah pada telinga bisa semakin menumpuk dan menyebar ke organ telinga yang lain. Oleh karena itu, segera gunakan Melia Propolis untuk telinga bernanah pada anak, baik dengan cara diminum maupun diteteskan.

Sharing is caring!

HATI-HATI Propolis dan Melia Biyang Palsu mengintai Kantong dan Nyawa Anda! Jangan Terkecoh harga MURAH, dan belilah HANYA pada Distributor Resmi

Dapatkan produk-produk ASLI dari Melia Sehat Sejahtera (MSS) sekarang juga

GRATIS ONGKIR HARI INI SAJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *